Breaking News
---

Teken Perjanjian Kerjasama Budidaya dan Kegiatan Tanam Padi Bersama di Karangpawitan

Dandim 0604/Karawang Letkol Kav Makhdum Habiburrahma, S.Sos mewakili Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana melaksanakan kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Budidaya dan Kegiatan Tanam Padi Bersama PT. Food Station Tjipinang Jaya dengan Koperasi Produsen Hirup Mandiri bertempat di Persawahan Jalan baru Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang barat Kabupaten Karawang, Kamis (31/03/22).

Kegiatan Kerjasama Budidaya dan Tanam Padi Bersama

Selain Dandim 0604/Karawang, hadir juga dalam kegiatan tersebut yaitu mewakil Kadistanhut Pemprov DKI Jakarta Kanti, Deputi BI DKI Jakarta Endang Kurnia Saputra, Dir Operasional PT. Food Station Tjipinang Jaya Andre Maulana, Sekdistanhut Kabupaten Karawang Muchrodi, Ketua Koperasi Produsen Hurip Tani Mandiri Lutfi Rukmana dan perwakilan Petani Kelurahan Karangpawitan.

Kegiatan Kerjasama Budidaya dan Tanam Padi Bersama

Lutfi Rukmana Ketua Koperasi Produsen Hurip Tani Mandiri mengatakan bahwa Program ini sudah berjalan dan kami telah bekerjasama dengan Food Station.

"Saat ini kami telah menanam padi di Kutawaluya, Cilebar dan juga Karangpawitan, kita melakukan penanaman uji coba di tanah kurang produktif. Petani mendapatkan biaya dari Food Station, dan hasil panen akan di beli kembali oleh Food Station,"kata Lutfi.

Sementara Kanti mewakili Kadistanhut Pemprov DKI menjelaskan bahwa, Pemprov DKI membutuhkan sekitar 2.200 ton beras perhari.

"Ini menjadi tantangan, bagaimana kita menyiapkan kecukupan dan kemudahan pangan, serta harga yang terjangkau oleh warga masyarakat. Karawang Surplus pangan, kami mempunyai pasar, salah satunya pangan bersubsidi, dan kami bekerjasama dengan Food station untuk menyiapkan pangan Program Beras ASN, "sambungnya.

Sementara Dandim 0604/Karawang Letkol Kav Makhdum Habiburrahman menjelaskan bahwa, petani adalah singkatan yaitu Penyangga Tatanan Negara Indonesia, artinya Negara akan berdiri apabila Petani nya sejahtera.

"Ketahanan pangan menjadi program utama, karena diprediksi akan ada ancaman pasokan pangan, bisa karena perang, bencana dan lain sebagainya,"ungkap Dandim.

Menurutnya, saat ini Karawang Surplus, Karawang menjadi penghasil beras tertinggi, Pemda Kabupaten Karawang mempunyai program dan kami akan mempertahankan lahan pertanian.

"Mari kita sama sama bangkit dan berkolaborasi dalam pertanian agar lebih maksimal dan sejahtera,"ajak Dandim.

Pada kegiatan penandatanganan perjanjian tersebut dilaksanakan Penanaman Padi dan pelepasan pengiriman Beras dari Food Station Tjipinang Jaya menuju Provinsi DKI Jakarta. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan