×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Ada 11 Nama Diprediksi Bakal Maju di Pilgub Jabar, Diantaranya Cellica Nurrachadiana

7 Apr 2022 | Kamis, April 07, 2022 WIB Last Updated 2022-04-07T08:56:32Z

Ada 11 nama yang diprediksi akan maju di Pilgub Jabar 2024. Hal itu berdasarkan kajian Indonesia Strategic Institute (INSTRAT).

Cellica Nurrachadiana

Direktur Eksekutif Instrat Ridwansyah Yusuf Achmad, mengatakan, nama-nama tersebut muncul berdasarkan hasil diskusinya bersama sejumlah tokoh membahas Pilgub Jabar.

Dari 11 nama itu, semuanya familier. Dari Bima Arya, Wali Kota Bogor, Dedi Mulyadi Anggota DPR RI, Saan Mustofa Ketua Nasdem Jabar hingga Mochamad Iriawan.

"11 nama ini berdasarkan hasil FGD yang kami laksanakan hari Selasa (5/4/2022). Peserta dari berbagai kalangan, ada politisi, akademisi, pengamat politik, pegiat ekonomi kreatif, mahasiswa, pengusaha, perwakilan pemuda, hingga aktivis sosial," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun di Bandung, Kamis (7/4/2022).

Ia menyebut, mereka yang akan maju di Pilgub Jabar, beberapa di antaranya merupakan kader partai dan politisi aktif.

Seperti Ono Surono Ketua DPD PDIP Jabar, Saan Mustofa Ketua Nasdem Jabar hingga Uu Ruzhanul Ulum.

Meski partainya belum menetapkan sebagai calon gubernur, mereka diprediksi kuat akan menjadi pemilik tiket tersebut.

"Keduanya ketua partai di Jabar. Keduanya juga aktif menjadi anggota dewan. Jadi sangat logis kalau mereka dicalonkan. Posisi ini bisa dibilang tiket untuk maju dalam pilgub," ujarnya.

Dedi Mulyadi diprediksi masih berambisi untuk maju dalam ajang tersebut. Popularitas mantan bupati Purwakarta inipun semakin bertambah dibanding saat mengikuti Pemilu Gubernur Jawa Barat 2018.

"Saat pilgub 2018 beliau mendapatkan suara 5,6 juta. Kang Dedi berpeluang besar untuk maju kembali karena aktivitasnya di dunia maya yang dianggap berhasil menjangkau pemilih menengah bawah di Jawa Barat," ujarnya.

Selain itu, FGD inipun memprediksi tiga kandidat perempuan akan maju dalam pemilihan tersebut. Nama Atalia Praratya (istri gubernur Ridwan Kamil), Cellica N (bupati Karawang), dan Netty Prasetyani (anggota DPR RI) disebut memiliki potensi untuk maju.

"Melihat aktivitas mereka saat ini, apalagi Bu Cellica dan Bu Netty yang memiliki partai, sangat logis untuk dicalonkan," katanya. Lebih lanjut Yusuf menjelaskan, tokoh-tokoh tersebut berpeluang besar untuk memimpin Jawa Barat.

"Selain politik, mereka memiliki modal sosial yang kuat. Tinggal bagaimana gagasan yang diusung untuk memajukan Jawa Barat," katanya,demikian dilansir Tribun Jabar (7/4/22)

Berikut nama yang diprediksi maju dalam Pilgub Jawa Barat 2024 versi FGD Instrat:

1. Dedi Mulyadi (anggota DPR RI/Golkar)

2. Ono Surono (DPR RI/Ketua PDIP Jabar)

3. Saan Mustopa (DPR RI/Ketua NasDem Jabar)

4. Uu Ruzhanul Ulum (wakil gubernur Jawa Barat)

5. Mochamad Iriawan alias Iwan Bule (ketua umum PSSI)

6. Setiawan Wangsaatmaja (Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat.

7. Bima Arya (wali kota Bogor)

8. Taufik Hidayat (DPRD Jabar/Ketua Gerindra Jabar)

9. Cellica Nurrachadiana (bupati Karawang)

10. Netty Prasetiyani (anggota DPR RI/PKS)

11. Atalia Praratya (istri gubernur Jabar).

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS