Pemerintah Kabupaten Karawang memastikan jalan yang akan dipakai untuk musim mudik lebaran 2022 nanti sudah memadai untuk dilewati. Jalur arteri dan jalur alternatif di Karawang sudah dipersiapkan.

Jembatan lamaran

Kepala Bidang Prasarana Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang Dicky Prayoga mengatakan, pihaknya sudah melakukan survei kondisi jalan.

"Jalannya bagus, sudah memadai untuk dilintasi," kata Dicky, Selasa (12/4) kepada wartawan.

Sementara itu, dua jalan yang disiapkan yakni, jalur arteri dimulai dari perbatasan Karawang Bekasi di Tanjungpura, Kecamatan Karawang Barat, sampai ke Kecamatan Jatisari, hingga berakhir di Jalur Pantura perbatasan Subang.

Sedangkan jalur alternatif dimulai dari jalan layang Lamaran, Jalan Baru Karawang, melewati Lamaran, Wadas, berakhir di Pantura. Bisa juga langsung melalui Tanjungpura yang tembus ke Jalan Baru Karawang.

Jalur arteri disiapkan untuk kendaraan roda empat. Terutama bila terjadi kepadatan di jalan tol. Para pemudik mobil diarahkan menuju arteri via pintu tol Karawang Barat. Jalur arteri juga akan jadi titik pertemuan kendaraan roda empat yang keluar dari pintu tol Karawang Timur dan pintu tol Dawuan.

Kepala Bidang Prasarana Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang Dicky Prayoga

"Sementara roda dua dialihkan ke jalur alternatif melalui flyover Lamaran menuju arah Telagasari, Lemahabang, Karasak, lalu ke Cikalong Jatisari," tambahnya.

Sementara itu Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono menuturkan, pihaknya akan menentukan titik-titik pos pengamanan dan pos pelayanan.

"Pos juga disiagakan di jalur alternatif guna mengantisipasi apabila di jalan utama penuh," kata Aldi, Senin (11/4).

Khusus di jalur alternatif, pihaknya akan melakukan survei kondisi jalan. Survei dititikberatkan pada aspek keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Kami akan koordinasi dengan Koramil dan Polsek setempat yang dilewati sebagai jalur alternatif. Kami juga akan mengajak masyarakat setempat untuk sama-sama membantu keamanan. Kami juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk penerangan jalan sebagai antisipasi ada pemudik yang berkendara di malam hari supaya tidak terjadi kejahatan," katanya.
Kapolres Karawang

Personel yang akan dikerahkan dalam pengamanan arus mudik di Karawang mencapai 700 orang. Terdiri dari unsur polisi, TNI, Pemda Karawang, dan Brimob. Sementara, Dishub Karawang akan mengerahkan 150 personel.(***)