×

Iklan

Indeks Berita

Pemerintah Minta Pemudik Bisa Manfaatkan Jalur Pantura dan Pansela

27 Apr 2022 | Rabu, April 27, 2022 WIB Last Updated 2022-04-26T22:24:47Z

Pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi diharapkan dapat melakukan perjalanannya lebih awal, atau memanfaatkan jalur pantai utara Jawa (Pantura) dan jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela) sebagai alternatif jalur menuju kampung halaman.

Pasalnya, tol Jakarta-Cikampek diprediksi akan mengalami kepadatan di hari puncak mudik yaitu pada H-4 Idulfitri 1443H (28 April 2022).

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, saat meninjau rest area Km 57 Tol Jakarta - Cikampek di Karawang bersama Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, Kepala Polri Listyo Sigit Prabowo, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Menhub membeberkan bahwa beberapa hari terakhir pergerakan di Jabodetabek sudah naik 5 persen dan yang ke arah timur (Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur) sudah naik sekitar 11 persen.

"Kami mengapresiasi masyarakat yang sudah mengikuti anjuran pemerintah untuk mudik lebih awal," ujar Menhub.

Untuk mengendalikan pergerakan lalu lintas, mempersiapkan 4 rekayasa lalu lintas yakni, kontra aliran, satu arah , ganjil genap, dan truk sumbu tiga. "Rekayasa lalu lintas ganjil-genap dan satu arah akan diberlakukan pada 28 - 30 April 2022. Untuk itu, yang mau mudik ke Jateng dan Jatim agar mudik sehingga tidak merasa malas di hari puncak," ujar Menhub.

Hal tersebut sejalan dengan pernyataan Menko Muhadjir. Menurutnya, tata kelola lalu lintas menjadi satu upaya pemerintah untuk mensukseskan penyelenggaraan mudik tahun ini. animo masyarakat yang akan mudik sangat tinggi, bahkan diprediksi melebihi jumlah pemudik pada 2019 sebelum pandemi.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengimbau masyarakat untuk menggunakan beberapa jalur alternatif selain jalan tol. berapa banyak jumlah jasa yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk titik-titik tersebut.

"Kami akan menerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas, namun kami tetap mengimbau masyarakat untuk mudik lebih awal guna menghindari kepadatan di hari puncak," tuturnya.

Terkait jalur alternatif mudik, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, masyarakat dapat menggunakan jalur selatan Jawa, melewati Subang, Garut, Pangandaran, Sukabumi, hingga pacitan. "Kondisi jalan bagus dan instagramable," katanya.(SD)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS