Sebagai sekolah penggerak prototype pertama di Karawang, SMPN 1 Klari konsisten aplikasikan item pembelajaran project profile Pancasila kepada ratusan siswa. Sekolah dengan jumlah 1.300 siswa ini, sudah melaksanakan tiga project dengan item berbeda untuk membangun spirit patriotisme dan kemandirian siswa sebagai pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila.

Foto : Pelaksanaan Profil Penguatan Pelajar Pancasila di SMPN 1 Klari

Dikatakan Kepala SMPN 1 Klari, Devi Deliani S.pd. Project pendidikan profile pancasila ini ada penilaian khusus pada rapot khusus terpisah dari raport reguler. Project ini, sebutnya adalah suatu keharusan bagi sekolah penggerak untuk di laksanakan setiap semester. Konsep ini, tambah Devi, sangat di apresiasinya, karena mampu membangun semangat kemandirian, patriotisme dan pendidikan kewarganegaraan yang baik bagi para siswa. Sehingga, para siswa mampu mengekplorasi kompetensinya secara individu dan kelompok maupun komunitasnya. 

"Wajib ada project pendidikan profile Pancasila ini di sekolah penggerak, apalagi SMPN 1 Klari ini merupakan sekolah paket komplik, selain sekolahnya berstatus sekolah penggerak, kurikulum merdeka juga diterapkan, gurunya juga guru penggerak dan pengawasnya juga kompeten, " Katanya, Selasa (12/4/2022).

Foto : Pelaksanaan Profil Penguatan Pelajar Pancasila di SMPN 1 Klari

Beberapa project yang sudah dilaksanakan sambung Devi, antara lain serapan pemahaman dan aplikasi kearifan lokal, kemudian pemilihan ketua OSIS secara demokratis via daring dengan google form, dimana mereka malaksanakan demokrasi secara medsos lewat kampanye di YouTube, tiktok, poster digital, dan segudang kampanyenya dengan demokratis, kemudian juga ada project kewirausahaan untuk bangun kemandirian hasil olahan tangan dan karya mereka. Semua item project tersebut, formatnya sudah ada pilihannya dari Kemendikbud, kemudian sekolah melalui wali kelasnya memfasilitasinya. 

"Jadi selama 6 semester, kita dianjurkan melaksanakan 7 project pendidikan Pancasila ini, Alhamdulillah kita sudah 3 kali di realisasikan, " Pungkasnya. (Rd)