Imbas ditutupnya jalur tol dari Semarang ke arah Jakarta akibat diterapkannya sistem one way, membuat arus kendaraan dialihkan melalui jalur arteri pantura.

Kepadatan di Jalur Arteri Semarang

Semua kendaraan yang mengarah ke barat seperti Kendal, Tegal, Cirebon, hingga Jakarta untuk sementara tidak bisa lewat tol sampai pukul 24.00 WIB, yang merupakan batas waktu one way pada Kamis 28 April 2022 ini.

Pengalihan ini langsung berdampak pada arus lalu lintas di jalur pantura Semarang. Sejak petang hingga malam ini, arus lalu lintas sangat padat. Bahkan sebelum masuk maghrib, sempat terjadi penumpukan arus kendaraan yang memanjang hingga satu kilometer.

Titik simpul kemacetan ada di persimpangan exit tol Krapyak yang mana semua kendaraan dari tol Semarang ABC Manyaran Krapyak dibelokkan ke sini. Bertemunya dua arus dari tol dan dari arah dalam kota Semarang membuat penumpukan arus tak terelakkan.

Kepadatan arus sedikit terurai mulai pukul 07.30 WIB. Meski begitu arus kendaraan dari arah timur menuju barat masih tetap padat, seperti dikutip dari Viva.

"Lumayan ini tadi. Sempat merayap, ekornya sampai Kalibanteng. Yang keluar tol banyak sejak sore setelah kendaran dari arah Jatingaleh dan Bawen dilewatkan sini," Kata warga yang melihat keramaian dari rumahnya yang berada dekat exit tol Krapyak.

Pengalihan arus lalu lintas dari tol ke jalur arteri pantura Semarang masih akan dilakukan hingga hari Minggu, dari pukul 07.00 sampai 24.00 setiap harinya. Kecuali hari Minggu yang ditutup mulai jam 07.00 sampai jam 12.00.(**)