Sebanyak 483 Siswa kelas XII SMK Indonesia Mas Cilamaya, Karawang dari 5 kompetensi keahlian resmi di lepas pihak sekolah, Kamis kemarin (26/5/2022). Prosesi pelepasan siswa lazimnya sidang senat terbuka mahasiswa tersebut, di gelar di Hotel Prime Plaza Purwakarta dan di hadiri langsung Kasie Pelayanan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Risye Silvana S.Stp., M.Ap bersama Pengawas Pembina, Ketua Yayasan Wiraperbangsa dan jajaran komite sekolah.

Foto : Sebanyak 483 Siswa Kelas XII Angkatan ke 10 SMK Indonesia Mas tahun ajaran 2021/2022 resmi di Lepas pihak sekolah

Panitia pelaksana kegiatan pelepasan siswa angkatan X SMK Indonesia Mas Cilamaya, Aming Abdullah SE MM mengatakan, kegiatan pelepasan 483 siswa ini merupakan rangkaian hasil dari musyawarah bersama antar pihak sekolah, orangtua/wali siswa dan komite. Alhamdulillah, paska pandemi berkepanjangan yang mengharuskan siswa melangsungkan kegiatan belajar mengajar yang dominan secara daring dan pembatasan tatap muka (PTM), pihaknya bisa kembali menggelar pelepasan siswa secara berjamaah melalui tampilan-tampilan seni, kreatifitas siswa dan pesan-pesan moral dari pihak sekolah. 

Foto : Sebanyak 483 Siswa Kelas XII Angkatan ke 10 SMK Indonesia Mas tahun ajaran 2021/2022 resmi di Lepas pihak sekolah

"Ini merupakan angkatan ke 10 sekolah SMK Indonesia Mas meluluskan siswa. Alhamdulillah, kita bersua di perpisahan ini dengan kesan dan berkegiatan bersama setelah sekian lama di hempas pandemi, " Katanya.

Aming menambahkan, siswa-siswa yang di luluskan berasal dari 5 kompetensi keahlian, yaitu Perhotelan, Perbankan Keuangan Mikro, Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Teknik Pemesinan (TP) dan TBSM. Semuanya adalah hasil proses dan tahapan didikan yang penuh lewat program dan pembelajaran akademik hingga non akademik selama tiga tahun terakhir di SMK Indonesia Mas. 

Tak lupa sebut Aming, pihaknya menghaturkan terimakasih atas kesediaan hadir bagi para tamu undangan dalam prosesi pelepasan siswa kelas XII ini, seperti Ibu Pejabat KCD, Camat Cilamaya Wetan, Pengawas Pembina, Pimpinan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Karawang, perwakilan perusahaan mitra, maupun Ketua Yayasan dan Komite sekolah.

"Terimakasih atas kesediaan hadir para tamu undangan di acara pelepasan ini, semoga ini terus memacu SMK Indonesia Mas semakin berdaya saing, maju dan berkembang menghasilkan para lulusan yang berkualitas dan kompeten, " Harapnya.

Sementara itu, Kepala SMK Indonesia Mas, Mulyadi Rusmianto SE MM mengungkapkan rasa bangga dan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan pelepasan Gen X siswa kelas XII tahun ajaran 2021/2022 ini. Sebab, tak mudah memang, bagi 438 siswa ini melewati pembelajaran demi pembelajaran di tengah pandemi selama dua tahun terakhir. Tapi yakinlah, sebut Mulyadi, pihak sekolah selalu menyuguhkan pembelajaran, program dan pelayanan pendidikan yang sesuai dan tetap optimal demi kompetensi para siswa, baik akademik maupun non akademiknya. Sebab, kemitraan pihak sekolah bersama perusahaan, perhotelan hingga perbankan, tak pernah putus meskipun masa-masa pandemi, itu dilakukan sebut Mulyadi adalah demi melahirkan para lulusan yang mampu berkontribusi pada serapan tenaga kerja dan wirausahawan di masa mendatang.

"Kita menjadi sekolah pusat keunggulan, kita juga sukses menyerap beberapa lulusannya di tenaga kerja dan stydy,  bukan saja menjawab tantangan lokal, tapi juga nasional dan internasional, karena tak sedikit lulusan SMK Indonesia Mas ini yang study program sarjana maupun kerja kompeten di berbagai negara, seperti Eropa, Malaysia, Taiwan, Tiongkok dan lainnya, " Ungkapnya.

Ia berpesan, agar para siswa yang telah lulus untuk tetap semangat dan terus belajar. Karena, tantangan hidup semakin kompleks dalam rangka menyongsong era dewasa ini. Terimakasih di ucapkan juga kepada para oramgtua/wali murid yang sudah mempercayakan anak-anaknya menempuh studi jenjang pendidikan menengah atas di SMK kami. Karenanya, terhitung hari ini, sebut Mulyadi, kami pasrahkan dan kembalikan lagi putera-puterinya ke pada para orangtua/wali murid.

"Mari jaga baik almamater sekolah, tetap santun dan jangan ragu tunjukan kualitas dan kompetensi kita. Semoga Allah SWT selalu merahmati dan melancarkan setiap urusan kita semua. Selamat jalan, " Pesannya. (Rd)