×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Breaking News : Mau Uji Lab, Bahan 'Dugaan' Bakso Tikus Karawang di Periksa Kementan RI

9 Mei 2022 | Senin, Mei 09, 2022 WIB Last Updated 2022-05-09T05:32:07Z
Viral di jejaring tiktok salah seorang warga mengunggah bakso yang di duga berbahan olahan tikus beberapa hari kemarin. Dalam unggahan tersebut, pemilik akun menyertakan gambar bakso yang kenyal dan sulit di potong, bahkan memunculkan spekulasi dugaan menjurus seperti ekor tikus. Usut punya usut, bakso yang di viralkan tersebut, konon di beli dari pedagang di wilayah tak jauh dari perkotaan di Karawang.(9/5/2022).
Foto : Pejabat Dinas Pertanian saat mendapati sampel yang diambil dari pedagang bakso viral, Senin (9/5/2022)


Menyikapi ini, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Karawang mendatangi pedagang untuk mengambil sampel dan hendak di uji laboratorium bersama tim dari Kesmavet Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementrian Pertanian RI.

"Sampel yamg kemarin masih ada tapi sedikit, besok Selasa (10/5/2022) rencananya SKKs Keswan Kesmavet dampingi tim dari Dirjen PKH untuk pengambilan sampel yang akan dichek di laboratorium. Sementara chek sampel sebelumnya sudah di lakukan tadi Senin bersama Kabid Pangan. Dugaan sementara sih itu bukan ekor tikus, tapi urat, " Kata Sub koordinator kelompok sub substansi kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner Bidang Peternakan Distan Karawang Nining Komala, Senin (9/5/2022).

Kabid Ketahanan Pangan Yayat Rohayatie mengatakan, sampel ada di polisi, pihak Dinas membantu melaporkan dan besok Selasa, rencananya akan dilalukan investigasi dan diperiksa oleh Kesmavet bersama DKPP provinsi. Adapun yang hendak di periksa dari bakso viral tersebut adalah
bahan-bahan yang di gunakannya.

"Besok rencananya bareng Polres, lokasinya ada di wilayah tak jauh dari perkotaan, " Ungkapnya. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS