Sejumlah organisasi dan elemen memperingari Hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh pada hari ini, Minggu (1/5/2022).

Hingga pagi ini, massa mulai melakukan unjuk rasa di sejumlah titik di Jakarta. Salah satunya berunjuk rasa di depan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Diperkirakan massa yang hadir akan mencapai ribuan orang.

Pantauan MNC Portal, terlihat massa buruh dari KSPI sudah berkumpul di depan kantor KPU di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

Mereka menggelar aksi dengan membawa 2 mobil komando yang dilengkapi pengeras suara. Untuk mengamankan massa, sejumlah polisi sudah siaga di lokasi.

Petugas tersebut juga menjaga agar aksi atau demo buruh itu tidak mengganggu lalu lintas. Sejauh ini arus lalu lintas di Jalan Diponegoro itu terlihat lancar di kedua arah.

Sementara itu dalam rilisnya, KSPI menyiapkan beberapa tuntutan kepada KPU. Beberapa contohnya adalah meminta KPU menggelar Pemilu 2024 sesuai jadwal.

Kemudian buruh juga meminta agar Pemilu bersih dari politik uang, sehingga tercermin pemungutan suara yang jujur dan adil.

"Aksi buruh di KPU dan Bundaran HI dengan tuntutan Pemilu Jujur dan Adil," demikian pesan Presiden KSPI Said Iqbal.(*)