Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, melawan wakil India, Srikanth Kidambi, di final Piala Thomas 2022. Karena kalah, Jonatan pun gagal menyelamatkan Indonesia dari kekalahan 0-3 dari India.

Jonathan Cristie

Tanding di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu (15/5/2022), Jonatan bermain kurang lepas dari gim pertama. Alhasil, dia kalah dalam dua gim langsung.

Indonesia pun gagal mempertahankan gelar juara Piala Thomas. Trofi Piala Thomas 2022 melayang ke tangan India yang baru pertama kali mendapatkannya. Ini jadi sejarah untuk India.

Jalannya Pertandingan

Jonatan memulai pertandingan dengan tidak meyakinkan. Alhasil, dia sempat tertinggal 2-7 dari Kidambi. Akan tetapi, perlahan-lahan, Jonatan bisa memperkecil kedudukan.

Jonatan berusaha keras untuk menempel poin Kidambi. Sayang, itu tidak mudah karena Kidambi main cukup bagus pada sore ini.

Pada akhirnya, Jonatan pun kalah 15-21 dari Kidambi. Kehilangan gim pertama membuat Jonatan wajib bangkit pada gim kedua demi memperpanjang napas Indonesia di final Piala Thomas 2022.

Jonatan memulai gim kedua dengan tidak terlalu baik. Sebab, poin pertama gagal didapatkannya sehingga tertinggal 0-1 dari Kidambi.

Meski begitu, Jonatan perlahan-lahan menemukan ritme permainannya sehingga bisa beberapa kali mengimbangi poin Kidambi.

Kejar-kejaran poin pun terjadi di antara Jonatan dan Kidambi. Kedudukan bahkan sempat imbang 18-18 yang menandakan ketatnya gim kedua berjalan.


Pada poin kritis, Jonatan gagal menunjukkan tajinya. Jojo pun kalah tipis 21-23 pada gim kedua. Hasil ini menandai kekalahan 0-3 Indonesia dari India di final Piala Thomas 2022.(*)