×

Iklan

Indeks Berita

Hadapi MTQ Ke-37 Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2022, Pemda Ciamis Lakukan Pembinaan Calon Peserta MTQ

17 Mei 2022 | Selasa, Mei 17, 2022 WIB Last Updated 2022-05-17T12:50:10Z

Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Sekretaris Daerah Ciamis H. Tatang memimpin langsung acara pembinaan calon peserta MTQ kafilah Kabupaten Ciamis untuk menghadapi MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2022 di salah satu hotel ternama di Ciamis, Selasa, (17/05/22).

Kegiatan pembinaan peserta MTQ ini dilaksanakan selama 2 hari, tertanggal 17 sampai dengan 18 Mei 2022.

Sekda Ciamis H. Tatang mengatakan untuk mewujudkan dan mencapai target pada MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat, delegasi para peserta MTQ dari Kabupaten Ciamis harus senantiasa memiliki keinginan kuat untuk mencurahkan kemampuan semaksimal mungkin dan didukung oleh pembimbing, pendamping serta elemen lainnya termasuk yang terkait dengan pelaksanaan di lapangan.

Ia juga berpendapat, penyelenggaraan MTQ merupakan wujud kepedulian kita untuk membumikan ajaran Al-Quran serta menegakkan syiar Islam dalam upaya memperkokoh nilai-nilai agama sebagai sendi-sendi kehidupan masyarakat.

“Al-Quran merupakan bacaan yang bernilai ibadah dan pedoman hidup manusia yang berisi nilai-nilai luhur universal, tuntunannya sejalan dengan fitrah manusia, dimana mengajak semua manusia untuk membekali dengan nilai keimanan dan berinvenstasi kebaikan,” imbuhnya.

Dalam pembinaan MTQ ini, lanjutnya, menjadi keharusan untuk mempersiapkan sedemikian rupa terkait dengan kafilah yang akan diberangkatkan.

"Tentu saja dengan tujuan untuk membekali kafilah sesuai dengan kompetensinya masing-masing, baik itu qori-qoriah, hafidz-hafidzah dan mufasir-mufasirah serta cabang lainnya yang akan disertakan dalam MTQ Ke-37 Tingkat Provinsi Jawa Barat,” katanya.

Kepala Kemenag Ciamis Asep Lukman Hakim dalam kesempatannya mengingatkan kepada seluruh peserta dan jajaran pendamping agar selalu mempedomani protokol kesehatan sekalipun Kabupaten Ciamis adalah salah satu kabupaten yang berada di level 1 PPKM.

Sekda H. Tatang menambahkan bahwa MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Quran tapi jalan untuk mengedukasi umat agar semakin mencintai dan membumikan Al-Quran, meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis, dan terbuka.

"Semoga para kafilah sebagai delegasi Kabupaten Ciamis pada MTQ bulan depan terus mengasah dan menambah pengetahuan dalam rangka mempersiapkan diri menuju MTQ Sumedang,” ujarnya.

"Saya ucapkan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Ciamis atas penyelenggaraan pembinaan MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat yang ke-37 tahun 2022,” ujarnya.

“Selamat mengikuti pembinaan Musabaqah Tilawatil Quran kepada semua peserta, besar harapan saya semoga keikutsertaan para kafilah memberi manfaat dan maslahat dalam mengembangkan syiar islam di tatar galuh Ciamis yang kita cintai ini,” tuturnya. (rdp)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS