×

Iklan

Indeks Berita

Kadispora Jabar Resmi Buka Forprov 2022

14 Mei 2022 | Sabtu, Mei 14, 2022 WIB Last Updated 2022-05-14T06:45:37Z

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Jawa Barat Drs. Asep Sukmana secara resmi membuka Festival Olahraga Tingkat Provinsi Jawa Barat (FORPROV) tahun 2022 di Lapangan Merdeka, Kota Sukabumi, Sabtu (14/05/2022).

Ajang olahraga rekreasi masyarakat bergengsi di Jawa Barat ini memperlombakan kategori Olahraga Kesehatan dan Kebugaran(OKK) yang  diikuti oleh induk-induk  organisasi OKK kab/kota se-Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Asep Sukmana mengatakan bahwa FORPROV ini hendaknya dapat meningkatkan budaya olahraga bagi masyarakat. Kesehatan dan kebugaran masyarakat adalah target utama dari kegiatan festival olahraga ini.

“Untuk mewujudkan budaya berolahraga di masyarakat, maka kita harus mampu menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehat masyarakat, antara lain dengan membiasakan diri melakukan aktivitas olahraga secara rutin, tiga kali dalam seminggu dengan durasi yang cukup, serta dilakukan dengan teknik yang benar, sistematis dan terukur. Cara lain yang perlu dilakukan adalah dengan mengadakan festival olahraga yang dilakukan secara rutin pula, seperti yang kita lakukan saat ini,“ ujarnya,

Sebagai tuan rumah, Walikota Sukabumi Drs.H. Achmad Fahmi menyambut baik gelaran tersebut.  

“Selamat datang para kontingen yang berasal dari luar dan dalam Kota Sukabumi, Mari berlomba secara sportif dan penuh semangat,” tuturnya.

“Kami berharap kegiatan ini semakin membangun silaturahmi bagi kita semua. Ini adalah dalam rangka aktivitas adaptasi kembali untuk bergerak. Kegiatan ini merupakan ikhtiar dalam membangun olahraga Provinsi Jawa Barat,” ujarnya.

Ketua Umum KORMI Jabar Denda Alamsyah mengungkapkan kegembiaraannya karena dapat bersinergi dengan Dispora Jabar, Dispora Kab/kota, KORMI Kab/kota dan induk-induk olahraga (Inorga) rekreasi masyarakat sehingga bisa bekerjasama dalam menyelenggaran FORPROV 2022.

“Kolaborasi antara  Dispora Jabar, KORMI Jabar, KORMI kab/kota dan inorga agar semakin ditingkatkan dan kegiatan seperti ini dapat dilakukan dengan rutin setiap tahun dan saya berharap agar acara ini sukses,” katanya.Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Barat menggelar Festival Olahraga Rekreasi Tingkat Provinsi Jawa Barat (FORPROV) tahun 2022 di empat Kabupaten/Kota di Jawa Barat pada Mei dan Juni. Kota Sukabumi ditunjuk sebagai lokasi pertama untuk membuka ajang bergengsi itu.

Sebanyak 41 cabang olahraga rekreasi difestivalkan dalam FORPROV 2022 tersebut. Kategori Olahraga Kesehatan dan Kebugaran (OKK) digelar pada 14-15 Mei 2022 di area Lapangan Merdeka, Sukabumi. Untuk Kategori Olahraga Petualangan dan Tantangan (OPT) akan dilaksanakan di Venue BMX Kabupaten Ciamis pada 21-22 Mei 2022. 

Sementara itu, untuk kategori Olahraga Tradisional dan Kreasi Budaya (OTKB) bertempat di Kabupaten Sumedang pada 11-12 Juni 2022. Sebagai penutup dari  rangkaian acara festival olahraga tersebut  akan diselenggarakan juga pertunjukan “Ninja Warrior”di Lapangan Sabilulungan Kabupaten Bandung pada 18-19 Juni 2022.

Festival Olahraga Rekreasi Tingkat Provinsi Jawa Barat  dilaksanakan secara sinergis oleh Dispora Provinsi Jawa Barat dengan KORMI Jabar, Dinas Pemuda dan Olahraga Kab/Kota, KORMI Kab/Kota, dan Induk-Induk Cabang Olahraga Rekreasi di Jawa Barat.

Kepala Dispora Provinsi Jawa Barat Asep Sukmana juga mengatakan tujuan dari pelaksanaan FORPROV 2022 adalah pertama, untuk menyelenggarakan festival olahraga rekreasi yang berjenjang dan berkelanjutan di tingkat daerah, nasional dan internasional. 

“Kedua, guna memassalkan olahraga sebagai upaya pengembangan kesadaran masyarakat dalam meningkatkan kesehatan, kebugaran, kegembiraan, dan hubungan sosial,” imbuhnya.

Ketiga, lanjutnya, untuk menggali, mengembangkan, dan melestarikan olahraga rekreasi sebagai budaya dalam masyarakat dan yang terakhir untuk mempersiapkan atlet-atlet yang akan menuju ke formas 2022.

“Selain itu, diharapkan pula dengan  FORPROV dapat mewujudkan budaya berolahraga di masyarakat, budaya malas gerak pada masyarakat Indonesia dapat mulai dikikis dengan melakukan festival olahraga seperti ini secara rutin,” ujarnya. (rdp/jbl)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS