Tak disangka, data yang dirilis oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk, pada Jumat 29 April 2022 kemarin, peningkatan arus mudik mencapai 165,5 persen atau 105.015 kendaraan meninggalkan Jabodetabek menuju timur.

Pemudik Motor

Data ini disampaikan oleh Corporate Communication and Community Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru, pada H-3 Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah meningkat pesat pada periode normal sejak November 2021.

“Jumlah ini meningkat 165,5 persen dari lalu lintas normal periode November 2021 sebanyak 39.554 kendaraan,” ungkap Heru dalam keterangannya, Sabtu (30/4).

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat rekor tertinggi melayani volume lalu lintas tertinggi pada periode arus mudik sepanjang libur Hari Raya Idul Fitri di Indonesia selama ini.

Pemudik motor

Angka ini memecahkan rekor sebelumnya, pada periode arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1441 H/2019 lalu, Jasa Marga juga mencatat rekor tertinggi melayani volume lalu lintas saat arus mudik, yaitu sebanyak 103.077 kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju timur via Jalan Tol Trans Jawa yang melintas melalui GT Cikampek Utama.

Heru menjelaskan, untuk melayani pengguna jalan dengan maksimal, Jasa Marga mengoperasikan total gardu operasi hingga dua kali lipat dari kondisi lalu lintas normal.

“Kami memaksimalkan kapasitas gerbang tol untuk melayani peningkatan volume lalu lintas di GT Cikampek Utama, yang mengoperasikan total 30 lajur transaksi serta penambahan 4 mobile reader secara tandem,” jelas Heru

Terselenggaranya layanan arus mudik dengan lalu lintas tertinggi sepanjang libur Hari Raya Idul Fitri ini tidak lepas dari kolaborasi bersama dengan Kepolisian, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta stakeholder terkait lainnya.

Jalan Tol BSD-Bintaro Macet Parah Akibat Banjir

Sebagian wilayah di Jabodetabek sempat diguyur hujan deras, Sabtu 30 April 2022 siang tadi. Imbasnya Jalan Tol BSD-Bintaro terendam air.

Viral di media sosial kondisi di jalan Tol BSD-Bintaro terlihat macet parah, seperti dikutip dari akun Instagram @infotangerang.id.

Kemacetan tersebut diakibatkan oleh genangan air yang cukup tinggi, sehingga kendaraan mengulur.

“Banjir di tol BSD – Bintaro membuat kemacetan panjang, pengendara diharap mengambil jalur alternatif. Sabtu (30/4),” tulis akun tersebut.

Kejadian ini pun membuat warganet heboh. Pasalnya kebanyakan warganet tak menyangka kalau siang tadi beberapa wilayah di Jabodetabek diguyur hujan.

“Kapan ini? Emng ujan yak?” tanya akun @viantan91 di kolom komentar akun tersebut, yang disahuti warganet lain.

“@pramudya_da tadi jam 10 ujan besar,” timpal akun @algikun.

Pantauan dari video yang diunggah akun tersebut, memang terlihat kendaraan di video kedua mengantre panjang.

Bahkan di slide pertama, terlihat seorang pria dan mobil di depan terendam hingga sepaha atau air nyaris masuk ke dalam mobil.

“lah kolem.renang,” cetus akun @tanyasajadah.

Hingga berita ini ditayangkan belum ada konfirmasi resmi dari pihak Jasamarga atau pun pihak terkait lainnya.

Sementara itu, pantauan di akun TMC Polda Metro, sebagain wilayah DKI Jakarta juga sempat diguyur hujan.

Parahnya beberapa wilayah dikonfirmasi banjir hingga pohon dan papan reklame tumbang.

“Sebagian wilayah DKI Jakarta mulai diguyur hujan. Tetap hati-hati, waspadai jarak pandang terbatas, banjir, pohon & papan reklame tumbang,” tulis TMC Polda Metro. (RP).