Headline
---

Ngeri, Ribuan Wisatawan Terjebak Kemacetan 6 Km di Jalur Wisata Ciwidey Bandung

Ribuan kendaraan wisatawan terjebak kemacetan sepanjang 6 kilometer (km) di jalur wisata Ciwidey, Kabupaten Bandung, Rabu (4/5/2022). Kemacetan terjadi mulai kawasan Sadu, Soreang hingga arah Ciwidey.

Kepadatan arus kendaraan wisatawan ini, selain karena tingginya jumlah kunjungan, juga banyak kendaraan yang keluar masuk objek wisata di kawasan tertitingi di Kabupaten Bandung yang mencapai 2.700 meter di atas permukaan laut (MDPL) itu.

Akibat padatnya arus, kendaraan wisatawan terutama mobil dan bus, sampai tidak dapat bergerak sama sekali. Para wisatawan harus ekstra sabar untuk dapat meneruskan perjalanan ke objek wisata yang dituju. Sekali dapat bergerak, itu pun hanya beberapa meter dengan kecepatan kurang dari 10 km per jam.

Sedangkan wisatawan lokal yang mengendarai sepeda motor masih bisa berjalan merayap menuju kawasan wisata Ciwidey. Sebagian besar wisatawan ingin berwisata ke Kawah Putih dan Situ Patenggang.

Berdasarkan pantauan, para wisatawan yang berkunjung sebagian besar dari luar wilayah aglomerasi Bandung Raya. Tampak pelat nomor kendaraan para wisatawan itu berasal dari Jakarta, Bekasi, Karawang, Cianjur, dan sejumlah daerah lain di luar Jabar.

Untuk mengatasi kemacetan parah itu, Polresta Bandung telah menyiagakan sejumlah personel. Mereka melakukan rekayasa lalu lintas one way. Namun karena tingginya arus kendaraan wisatan, kemacetan sulit diatasi.

Kapospam Simpang Sadu Kompol Deny Sunjaya mengatakan, antusiasme masyarakat untuk berekreasi di Ciwidey sangat tinggi. Petugas mengantisipasi dengan siaga di beberapa titik rawan kemacetan.

Kendaraan wisatawan terjebak kemacetan di jalur wisata Ciwidey, Kabupaten Bandung.

"Mereka melakukan penjagaan dan pengaturan lalu lintas. Kami juga melakukan rekayasa lalu lintas one way. Mudah-mudahan kepadatan arus ini bisa segera diatasi," kata Kapospam Simpang Sadu.

Rochmat, wisatawan asal Karawang mengatakan, berangkat dari Karawang dengan tujuan objek wisata Kawah Putih, Ciwidey, sejak pukul 06.00 WIB. Sejak dari Karawang hingga Soreang, Kabupaten Bandung, lalu lintas lancar.

"Kena macet baru di sini (jalur Bandung-Ciwidey). Rencananya mau ke Kawah Putih, nyewa vila sama teman-teman," kata Rohmat(INews).

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan