KH Muhtadi Mawardi Al Hafidz, Pimpinan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Desa Manggungjaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Wafat setahun lalu. Kepergian Kiai sepuh nan Kharismatik yang juga Mustasyar PCNU Karawang ini meninggalkan duka mendalam bagi kalangan pesantren dan Ulama di Karawang. 

Foto : KH Agus Abdullah Saat Memberikan sambutan di sela-sela peringatan Haul Abuya Muhtadi di Pesantren Miftahul Khoirot Cilamaya Kulon

Mengenang jasa, dedikasi dan riwayatnya semasa hidup, Keluarga besar Pesantren yang melahirkan ratusan hafidz Qur'an tersebut, memperingati Haul Kiai yang akrab di sapa Abuya Muhtadi tersebut pada Kamis (19/5/2022). Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, Pimpinan Pesantren Ashidiqiyah Karawang KH Hasannuri Hidayatullah dan KH Ahmad Ruhyat Hasby Ketua Tanfidziah PCNU Karawang dan ratusan jemaah, alumni dan sejumlah anggota legislatif mendoakan almarhum.

Mewakili keluarga besarnya, KH Agus Abdulloh menghaturkan terima kasih kepada yang sudah menyempatkan hadir dan mendoakan almarhum KH. Muhtadi.

"Saya mewakili saudara-saudara saya mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak, ibu-ibu dan anak-anakku sekalian sudah datang ke acara ini. Mohon dimaafkan segala kesalahan Apa (panggilan KH. Muhtadi) dan mohon didoakan semoga Apa husnul khotimah, diterima segala iman islamnya dan diampuni segala dosanya," papar Kiyai Agus.

Sementara itu, KH Hasanuri Hidayatullah atau Gus Hasan mengatakan, Apa Muhtadi merupakan orang yang sangat disiplin dalam menjaga sholat diawal waktu dan keilmuannya tak diragukan lagi. 

"Semoga kita dapat mencontoh beliau, " Ungkapnya.


Setelah tausiah, acara dilanjutkan dengan pembacaan Surat Yasiin yang dipimpin oleh KH. Agus Said Mubarok juara MHQ Internasional di Dubai dan Mekah. Dilanjut tahlil yang dipimpin oleh Ketua PCNU Kabupaten Karawang KH Ahmad Ruhyat Hasbi dan doa dipimpin KH Basori Hasanudin pengasuh Pondok Pesantren Bani Al Muntasir. (Rd)