Sampai saat ini, sudah ada total 31 negara yang memastikan tiket tampil di putaran final Piala Dunia 2022. Teranyar, Timnas Australia mengamankan kelolosan ke Qatar 2022 usai memenangi play-off inter-konfederasi melawan Peru via adu penalti.

Pada pertandingan yang berlangsung di Al-Rayyan Stadium, Qatar, Selasa (14/6/2022) dini hari WIB itu, Australia menang 5-4 di adu penalti setelah bermain imbang 0-0 dengan Peru di 120 menit pertandingan.

Dengan keberhasilan ini, Australia menjadi negara ke-31 yang memastikan langkahnya ke putaran final Piala Dunia 2022.

Selain itu, keberhasilan Australia juga menambah daftar tim yang mewakili AFC alias Benua Asia di Piala Dunia 2022. Sebelumnya sudah ada Arab Saudi, Korea Selatan, Jepang, Iran, serta tuan rumah Qatar.

Ini pertama kali dalam sejarah AFC bakal diwakili enam tim di putaran final pesta sepakbola terakbar sejagad itu. Sebelumnya rekor tim Asia terbanyak di Piala Dunia hanya lima negara.

Sementara itu, satu tiket tersisa menuju Qatar 2022 akan diperebutkan wakil Oseania, Selandia Baru melawan Kosta Rika dari zona CONCACAF (Amerika Utara, Tengah dan Karibia) dalam laga play-off inter-konfederasi, Rabu dini hari WIB nanti.

31 Negara yang Sudah Lolos ke Piala Dunia 2022:

AFC (Asia): Australia, Arab Saudi, Korea Selatan, Jepang, Iran, Qatar (tuan rumah)

CAF (Afrika): Kamerun, Maroko, Tunisia, Senegal, Ghana

CONMEBOL (Amerika Selatan): Argentina, Ekuador, Brasil, Uruguay

CONCACAF (Amerika Utara, Tengah dan Karibia): Amerika Serikat, Meksiko, Kanada

UEFA (Eropa): Wales, Swiss, Spanyol, Serbia, Portugal, Polandia, Belgia, Kroasia, Denmark, Inggris, Prancis, Jerman, Belanda.(sr)