×

Iklan

Indeks Berita

Bupati Karawang Hadiri Peringatan HUT IBI Ke-71 dan Hari Anti Narkotika Internasional di Lapang Karangpawitan

24 Jun 2022 | Jumat, Juni 24, 2022 WIB Last Updated 2022-06-24T13:20:18Z
Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana hadiri Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-71 dipadukan dengan acara Senam Sehat Tanpa Narkoba dalam rangka Hari Anti Narkotika Internasional di Lapang Karangpawitan Karawang, Jumat (24/6/2022) pagi.


“Bidan ini tersebar sampai ke tingkat desa, makanya ada bidan desa, tujuannya yakni kita ketahui bahwa peran bidan harus mampu menjadi pilot project yang ada di lapangan, menjadi ujung tombak yang sebagaimana kita menyelesaikan persoalan AKI AKB (Angka Kematian Ibu dan Anak) supaya kita bisa menyurutkan AKI AKB,” ujar Bupati.


Selain itu, kata Bupati, pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya dalam pencegahan stunting di Kabupaten Karawang dengan melakukan pendampingangan kepada ibu hamil hingga kepada remaja putri dalam pemberian sumplementasi tablet penambah darah.

“Pemberian penambah darah bagi anak muda generasi milenial usia-usia produktif anak SMA khususnya perempuan yang memang mereka harus konsumsi, hal tersebut dimulai untuk menjaga anak-anak kita agar nantinya tidak mempengaruhi ke masalah anak stunting pada kelahiran anak nanti, tentunya peran bidan di sini juga dapat memberikan edukasi-edukasi kepada ibu-ibu yang memiliki anak perempuan untuk dapat menjaga pola makan hingga gizinya,” ujarnya.


Dengan adanya edukasi kepada para remaja putri ini, lanjut Bupati, diharapkan para perempuan dapat merencanakan kehamilan dengan baik.

“Bidan sebagai sahabat perempuan diharapkan unutk mengajak semua perempuan untuk bersama-sama mencetak generasi emas yang berkualitas, merencanakan kehamilan dengan cerdas karena berencana itu keren. Perempuan berdaya, anak terlindungi, keluarga sejahtera,” ungkapnya.

Kemudian, dalam rangka Hari Anti Narkotika Internasional, pihaknya berharap peran bidan ini juga dapat berkolerasi dalam mengedukasi agar anak-anak bebas dari narkotika.

“Dikarenakan ini sangat penting, setiap orang tua ini pasti bangga jika anak-anaknya menjadi anak yang berhasil, dan salah satu indikasi anak kita berhasil yaitu jauh dari narkotika, hal ini sudah dapat dipastikan 100 persen,” ujarnya.

Pada kegiatan tersebut, Pengurus Cabang IBI Kabupaten Karawang mengadakan kegiatan mulai dari lomba balita sehat, lomba gerak jalan bidan, pelayanan imunisasi, pelayanan (keluarga Berencana) KB, kemudian edukasi kepada para remaja putri untuk mengawal keluarga yang berkualitas. 

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh para Kepala Organisasi Perangkat Dareah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, Ketua PC IBI Kabupaten Karawang, Kepala BNNK Karawang, dan para bidan perwakilan dari kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang. (diks)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS