Sampah dan eceng gondok serbu irigasi di LMB Desa Cikalong - Rawagempol Kulon Kecamatan Cilamaya Wetan hampir sepekan terakhir. Bahkan, tumpukan eceng dan sampah, semakin menggila di setiap jembatan perlintasi jalan usaha tani di sekitar lokasi tersebut. Akibatnya, saluran air untuk pengairan ratusan hektar sawah di sejumlah desa terancam.

Foto : Tumpukan Sampah dan Eceng Gondok di LMB Cikalong - Rakul Over Load

"LMB ini mengairi sawah Desa Cikalong, Kalen Buntu, Rawagempol Wetan, Cikarang, Sukatani sampai Muara Baru. Tapi, posisi saluran irigasinya banyak di serbu eceng gondok. Wal hasil pengairan terancam karena banyak tersendat, " Kata Kades Rawagempol Wetan, H Udin Abdul Gani, Senin (13/6/2022).

Foto : Tumpukan Sampah dan Eceng Gondok di LMB Cikalong - Rakul Over Load

Disinggung keberadaan Waker Dinas PU dan atau PJT, Udin mengaku bahwa konon kabarnya Waker sedang bersih-bersih serupa di SS Muara Utara, dan Timur. Sehingga wilayah LMB Cikalong ini belum tersentuh pembersihan, " Katanya.

Namun demikian sebut Udin, pihaknya sudah kontak Pejabat Dinas PUPR, kabarnya siap dilakukan pembersihan hingga normalisasi di LMB tersebut. 

"Saluran itu penting buat pengairan sawah di hilir Cilamaya, namun kondisinya selalu banyak tumpukan sampah dan eceng. Alhamdulillah PUPR janjikan Beko atau normalisasi dalam waktu dekat, kita tunggu realisasinya, " Pungkasnya. (Rd)