×

Iklan

Indeks Berita

Start, Bawaslu Karawang Mulai Masif Sosialisasi Pengawasan Tahapan Pemilu

20 Jun 2022 | Senin, Juni 20, 2022 WIB Last Updated 2022-06-20T12:19:15Z
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karawang mulai memanaskan mesin sosialisasi pengawasan jelang pemilu 2024.
Foto : Logo Bawaslu


Sebelumnya, tahapan Pemilu 2024 sudah diluncurkan jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara serentak, Selasa (14/6) lalu.

Komisioner Bawaslu Karawang, Suryana Hadi Wijaya mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya bersama Bawaslu Jabar dan Bawaslu RI melakukan apel siaga pengawasan Pemilu 2024.

"Pengawasan tahapan Pemilu 2024 harus disiapkan dari saat ini, mulai dari tahapan perencanaan sampai pemilihan nanti," ujar Suryana. 

Menurutnya, sinergitas antara Bawaslu dengan masyarakat, aparat penegak hukum serta jajaran terkait menjadi sebuah kebutuhan yang harus terpenuhi demi kesuksesan pemilu. Meskipun, memang sudah menjadi tugas Bawaslu dalam mengawasi seluruh tahapan-tahapan Pemilu.

"Pengawasan tersebut, termasuk mulai dari proses pendaftaran partai politik, maka Bawaslu berperan serta untuk mengawasi tahapan tersebut," katanya. 

Dijelaskan, pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi ke sejumlah partai politik terkait pengawasan dalam tahapan pemilu 2024. 

"Kedepan juga kami bakal memantau sosialisasi dari KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih," katanya. 

Ia menambahkan, dengan adanya Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Karawang akan mendorong optimalisasi pengawasan. "Termasuk mengajak partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan tahapan pemilu," katanya. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS