Ketua Ikatan Kepala Desa Tempuran (IKD) Tempuran, Zaenal Rojali kembali mempertanyakan keseriusan Pemkab Karawang untuk memprioritaskan pelebaran jalan layapan (Telagasari - Tempuran) di sela-sela dialog Gebyar Pelayanan Terpadu Kecamatan (Paten) Tempuran, Rabu (15/6/2022). Menurutnya, akses sempit ini sudah sering terinput dalam Musrenbang di berbagai aplikasi perencanaan Pemkab Karawang, namun selalu meleset. Bahkan, akibat lama realisasi, akses sekitar 14,5 Kilometer ini sering terulang kejadian kecelakaan lalu linta, baik kendaraan nyemplung dan kesulitan perwis kendaraan saat lalu lalang kendaraan besar seperti mobil truck gabah dan bis. 


Foto : Kegiatan Dialog Bersama Wakil Bupati Karawang di Wisata Kuda Desa Pancakarya Kecamatan Tempuran

"Syukur-syukur dapat pelebaran 1 meter juga, kanan 1 meter dan kiri 1 meter, walau bertahap tapi jelas realisasinya, mohon ini di pertimbangkan, karena selalu masuk daftar prioritas semua pemerintah desa di Tempuran saat Musrenbang, " Katanya.

Menyikapi ini, Kepala Dinas PUPR Karawang H Dedi Achdiat mengatakan, 
Akses jalan layapan ini, diakuinya tidak bisa realisasi sekaligus, karena panjangnya 14,5 kilometer, dimana 1 Kilometer saja, bisa menelan anggaran Rp3 Milyar, jadi ketika realisasi sekaligus 14,5 kilometer, maka anggaran yang di kuras sebanyak Rp42 Milyar, ini sebut Dedi sudah setengah dari anggaran infrastruktur Kabupaten Karawang di Dinas PUPR. Sehingga, realisasinya diakui Dedi akan di lakukan secara bertahap setiap tahun.

"Jadi anggarannya bertahap, gak bisa sekaligus. Insha Allah tahun depan akan di garap akses ini, sehingga agar setiap tahun terus mengalir realisasinya, maka lanjutkan, " Ungkap Dedi berseloroh. 


Wakil Bupati Karawang H Aep Saepulloh mengungkapkan, akses jalan layapan yang diharapkan masyarakat untuk pelebaran, ia pastikan sudah di ukur, sehingga jalan Telagasari - Tempuran ini akan di siapkan jalan baru dan atau pelebarannya. Sehingga, nanti ada juga jalur barunya disiapkan, tinggal saat ini penertiban lahannya. 

"Beberapa yang sudah prioritas dan siap kita kawal adalah selain jalan baru di Telagasari - Tempuran, juga ada Kosambi - Telagasari pelebaran termasuk juga jalan Rawamerta, " Ungkapnya. (Rd)