Suhu panas yang menembus 40° dan proses adaptasi perbedaan cuaca, membuat para jemaah calon asal Karawang, rata-rata terserang batuk filek saat di tanah suci, Senin (4/7/2022). Seperti di ketahui, Kamis lusa waktu setempat, (7/7/2022), para calon jemaah haji seluruh Indonesia memulai proses tarwiyah, untuk kemudian wukuf di arofah sehari setelahnya. 
Foto : Jemaah Calon Haji Karawang Saat Ikuti Kajian dan Pemantapan Pelaksanaan Haji jelang Wukuf di Arofah


"Sekarang ini kita terus menerima kajian-kajian dan penjelasan prosesi ibadah haji untuk memantapkan penyempurnaan di puncak ibadah haji nanti dengan pemateri dari BIPIH Kementrian Agama (Kemenag). Sayangnya, memang beberapa jemaah calon haji raya-rata terserang batuk filek, meskipun sudah berobat dan petugas kesehatannya juga terus keliling kamar dan lantai hotel sudah optimal. Namun, mungkin karena cuaca yang beda dengan Indonesia, sehingga batuk filek ini sedikit awet di idap jemaah calon haji, " Kata Salah seorang Calon Jemaah Haji asal Karawang Timur, Kloter 5 Maktab 57, Eje Arifin kepada pelitakarawang.com saat di hubungi via jejaring media sosial.

Karena suhu yang panas, sambung Eje, jemaah calon haji di anjurkan untuk memakai masker, pelindung mata dan banyak minum air putih. Dirinya memohon doa, agar semua jemaah calon haji asal Karawang dan Indonesia, bisa sempurna syarat rukunnya dan menyandang predikat haji mabrur mabruroh.

"Iya di sarankan tak lepas masker, sandal, kacamata hingga meminum air putih, karena cuaca cukup panas di tanah suci, " Ujarnya.  (Rd)

Berikut Jadwal Kegiatan Calon Jemaah haji jelang Wukuf di Arofah : 

- Senin - Rabu bus Off

- Kamis (tarwiah) waktunya Dhuhur
💿Mandi besar
💿baju ihrom, solan sunat ihrom, niat Haji, jam 1 masuk bis ke Aropah maktab 37

- Tanggal 9 Juli, Wikuf di Arofah sampai demgan magrib, duhur asar jama takdim dengarkan khutbah wukuf. 
Kemudian menuju musdalifah  magrib dan mungut batu (nafar sani 70 batu ) sampai dengan subuh

- Tanggal 10 Juli : lontar batu aqobah, tahalul awal --) ke mina lagi
- 11 Juli Ula wusto Aqobah  
- 12 Juli Wusto Aqobah.
   Kemudian Towaf ifadoh, sai , tahalul dan selesai tahapan Haji.