GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==

Kemampuan Sosiologi Politik Surya Paloh Dinilai Mampu Jadi Bagian Perubahan Bangsa

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Brawijaya (UB), Sholih Mu'adi, menyebut peran Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh pada bidang sosiologi dan politik sangat besar. Sholih menyebut gagasan Surya dapat membawa perubahan yang baik bagi bangsa Indonesia.

Foto : Surya Paloh

"Gagasan beliau diharapkan bisa berkembang ke seluruh Indonesia dan menjadi bagian perubahan untuk bangsa Indonesia ke depan," kata Sholih dalam Pemberian Gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) pada Surya Paloh secara daring, Senin, 25 Juli 2022.

Sholih mengaku sempat mencatat beberapa peran Surya dalam bidang sosiologi dan politik. Seperti turut aktif dalam pembebasan sandra di Filipina.

"Beliau aktif dalam pembebasan sandra di Filipina, dan itu tidak bisa dicoret dalam sejarah dan itu tidak main-main," kata Sholih.

Surya juga dinilai sebagai tokoh perlawanan ketidakadilan pers pada masa Orde Baru. Surya juga dikenal dengan gagasannya tentang restorasi Indonesia.

"Yang lebih mencengangkan lagi, di masa orang melihat politik itu sebagai sesuatu yang kotor dan tidak baik beliau mencetuskan ide politik tanpa mahar. Luar biasa," tutur Sholih.

Atas peran itu, Surya dikukuhkan sebagai Doktor Kehormatan atau Honoris Causa bidang sosiologi dan politik. Gelar itu diberikan pada sidang senat terbuka Fisip UB.(Medcom)

Komentar0