Akses jalan dari Desa Sukajaya - Pasirjaya Kecamatan Cilamaya Kulon, tepatnya di Dusun Lobang - arah Wagir Pasirukem dan Pasirjaya, rusak parah, selain kontur tanah yang di apit sawah dan irigasi, kerusakan jalanan cor tersebut juga di perparag setelah tergerus proyek normalisasi kali beberapa bulan kebelakang.

Foto : Akses Jalan Sukajaya - Pasirjaya Rusak Bakal di Perbaiki lewat Program Infrastruktur Bagi Desa Kategori Kemiskinan Ekstrem

Beruntung, Akses jalanan rusak tersebut, kabarnya bakal segera mulus lagi lewat program Dinas PUPR yang khusus teralokasi bagi desa-desa yang masuk kategori Kemiskinan Ekstrim.

"Ya selain kontur tanah jadi jadi akses kendaraan bongkar muat petani, jalanan menuju Pasirjaya ini juga rusak setelah di perparah dengan material alat berat yang menggarap normalisasi sungai di sampingnya, sehingga keroakan dan retakan semakin parah, " kata Kades Sukajaya Duladi Saputra, Rabu (17/8/2022).

Duladi menambahkan, akses jalanan rusak ini ada kabar baik, karena rencananya bakal segera di garap sekitar bulan Oktober tahun ini perbaikannya. Alokasi ini, dari Dinas PUPR yang khusus bagi desa yang masuk kategori kemiskinan ekstrim yang salah satunya adalah Sukajaya dan Pasirjaya.

"Alhamdulillah, kabarnya akan di garap Oktober, panjangnya hampir 1 Kilometer mah dengan lebar masih tetap di kisaran 2 meteran. Kita berharap realisasinya memang bisa dilaksanakan sehingga akses ekonomi bagi pedagang, petani dan masyarakat bisa kembali normal dan tidak terganggu jalan rusak, " Harapnya.

Pemerintah Desa juga sebut Duladi, tengah berupaya pengajuan akses infrastruktur lainnya yang masih belum tercover oleh Dana Desa, BanGub maupun anggaran Kemiskinan Ekstrim, diantaranya lewat jalur aspirasi Anggota DPRD yang di harapkan bisa dilaksanakan percepatan pembangunan fisik di setiap pelosok Desa Purwajaya.

"Di akses lainnya, kita juga dorong supaya ada alokasi anggaran aspirasi DPRD untuk menopang akses-akses jalanan maupun sarana fisik lainnya di Desa Sukajaya ini, " Pungkasnya. (Rd)