×

Iklan

Indeks Berita

Kodim 0604/Karawang Latihan Gabungan Rutin di Tegalwaru

28 Agu 2022 | Minggu, Agustus 28, 2022 WIB Last Updated 2022-08-28T14:33:04Z
Dalam upaya menjaga keutuhan NKRI serta menjaga perdamaian dan kondusifitas, Kodam III/Siliwangi melalui seluruh jajaran Kodim melakukan latihan gabungan bersama seluruh komponen masyarakat, Sabtu, (28/08/22).

Foto : Latihan Gabungan Kodim 0604/Karawang Jaga Keutuhan NKRI

Latihan gabungan tersebut terintegrasi antara intelijen kemudian teritorial dan pertempuran, latihan gabungan ini pertama kali diselenggarakan di wilayah Indonesia terlebih lagi di Kodam III/Siliwangi.

Selain dari TNI AD sebagai komponen utama juga ikut serta komponen cadangan dan komponen pendukung yang terdiri dari rakyat terlatih kemudian ada rekan-rekan dari Polri, Ormas, Damkar, BPBD, Dinsos, Dinkes, dan lain sebagainya.

Dikatakan Dandim 0604/Karawang, Letkol Kav Makhdum HR, latihan ini sangat bervariasi karena memang sejatinya pada saat nanti kita perang kita melaksanakan perang semesta, dimana perlawanan wilayah atau perlawanan dengan melaksanakan seperti itu dan tujuan kegiatan yang pertama adalah mengenalkan bahwa tugas pokok TNI ini ya seperti ini.

Seperti halnya di film-film, ketika cara diplomasi gagal dilakukan, pasti akan terjadi perang, dan itu bisa terjadi di laut, udara dan darat, maka dari itu kita bersama rakyat harus siap sedia dalam situasi tersebut.
Foto : Latihan Gabungan Kodim 0604/Karawang Jaga Keutuhan NKRI

Latihan akan kita lakukan selama 2 hari, besok dengan lusa, untuk latihan intelijen dan teritorial itu hanya melibatkan internal saja, namun untuk latihan tempurnya dilakukan bersama-sama dengan rekan-rekan yang lain," ucap Dandim.

Masih kata Dandim, harapannya ke depan pihaknya bisa tetap bekerja sama terus, karena semua tidak tahu situasi ke depan seperti apa, contohnya perang Rusia dan Ukraina, itu juga tidak direncanakan dan semua harus siap minimal setelah kita semua bertemu disini dalam latihan, ada gambaran bahwa sewaktu-waktu harus siap apabila Ibu Pertiwi memanggil.

"Karena sejatinya semua warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dalam situasi tertentu, saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang telah hadir dan bersedia mengikuti latihan gabungan ini, kita harus tetap bersatu dalam menjaga keutuhan NKRI, " tegas Dandim. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS