Ibu-ibu PKK dan Pengelola Bank Sampah Bersih Untuk Cilamaya Kita (Bercinta), lakukan fashion show dadakan di hadapan Pejabat DLHK, DPMD, Muspika Kecamatan Cilamaya Wetan dan puluhan aktivis pegiat lingkungan, Senin (19/9/2022). Di bersamai Direktur Bank Sampah LaTanza Cikampek, ibu-ibu tak canggung mengenakan pakaian, tas, sajadah hingga replika lainnya untuk di gunakan sebagai pesan edukasi sampah daur ulang bernilai ekonomis. 
Foto : Emak-emak PKK Cilamaya Saat Fashion Show Sampah Daur Ulang

"Kami senang sekaligus sedih, sebab hanya di Cilamaya ini Kadesnya begitu support dan perhatian terhadap pengelolaan sampah dan menjadikan sampah bernilai ekonomis, " Kata Dirut Bank Sampah Latanza, Iis Sugiarti.

Pihaknya, sebut Iis, memiliki 700 nasabah bank sampah se Kabupaten Karawang sekaligus meyakinkan bahwa emas Antam, bayar listrik hingga setoran lainnya, bisa dibayar dengan sampah jika di kelola dengan baik dan benar. Bank sampah, sebut Iis, bukan timbang, bayar lalu selesai, tapi lebih dari itu ada upaya-upaya pengelolaan lain yang menghasilkan cuan, seperti pemilahan sampah organik untuk di sulap menjadi Cairan ECO Enzyme, Magot hingga pupuk cair. Sementara sampah lainnya seperti plastik, bisa di daur ulang lebih ekonomis seperti dibuat tas, rompi, pakaian, dan replika lainnya.
Foto : Emak-emak PKK Cilamaya Saat Fashion Show Sampah Daur Ulang

"Semua jenis sampah bernilai ekonomis, asal kita semua ada kemauan untuk mengelolanya. Ketika Bala Ya Hanca, Ketua Bala Deui, Ya Hanca Deui (Berserakan Pungut, Berserakan Lagi Pungut Lagi_red), " Katanya. (Rd)