×

Iklan

Indeks Berita

Jembatan Penghubung Indonesia - Malaysia Sepanjang 120 Km Diusulkan Segera Dibangun

10 Sep 2022 | Sabtu, September 10, 2022 WIB Last Updated 2022-09-09T21:11:24Z

Salah seorang pengusaha mengagetkan banyak pihak usai menyampaikan idenya yang ingin membangun jembatan yang menghubungkan Indonesia dan Malaysia secara langsung.

Jembatan itu akan dibangun antara Telok Gong di Masjid Tanah, Malaysia dengan Dumai, Sumatera. Jembatan dengan panjang diperkirakan mencapai 120 km itu digagas Chairman Melaka Investment, Industry, Entrepreneur Development and Cooperatives Comitte, Datuk Seri Ab Rauf Yusoh dengan kerjasama sektor swasta.

"Usulan proyek sudah diajukan oleh sektor swasta dan kedua negara pada dasarnya telah menyetujui studi rinci tentang proyek tersebut," ujar Ab Rauf Yusof, dikutip dari media Bernama, Jumat (9/9/2022).

Proyek itu, kata dia, nantinya dibangun dengan jangka waktu 20 tahun dan diharapkan memberi dampak positif untuk kedua negara baik secara ekonomi maupun lainnya.

"Dari pihak pemerintah negara bagian, kami sudah menghubungi semua instansi pemerintah untuk mengunjungi daerah mana saja yang diusulkan akan dibangun," ujar dia.

Proyek yang melibatkan pembangunan berbagai infrastruktur, termasuk area penyebaran lalu lintas dan Immigration, Custom, Quarantine and Security (ICQS) Complex itu akan dibangun dengan konsep One Belt One Road'.

Foto Ilustrasi

Megaproyek jembatan itu, ujar dia, akan menjadi ikon bagi kedua negara dan nantinya kawasan pendukung dengan luas sekitar 2.023 hektare akan dibangun di Masjid Tanah.(suara).

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS