×

Iklan

Indeks Berita

MenPAN-RB Azwar Anas Bakal Bangun Digitalisasi di 3 Sektor Birokrasi

7 Sep 2022 | Rabu, September 07, 2022 WIB Last Updated 2022-09-07T13:19:54Z

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Anas akan membangun digitalisasi di sejumlah sektor birokrasi pemerintahan. Sejumlah sektor itu antara lain, struktur, budaya, dan kompetensi.

Abdullah Azwar Anas

"Ke depan tidak dapat dipungkiri birokrasi ini harus menuju next level yaitu digitalisasi, digitalisasi apa saja? Digitalisasi struktur, culture dan kompetensi," kata Azwar Anas usai dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Dia mengatakan digitalisasi di sektor ini sangat mendasar dan sesuai arahan Presiden Jokowi. Terlebih, saat ini sudah ada sistem pemerintah berbasis elektronik (SPBE) yang apabila dikoneksikan hasilnya dapat maksimal.

"Beliau sudah menyampaikan sudah banyak anggaran kemiskinan misalnya ada Rp520 triliun di 16 kementerian/lembaga kalau ini diintegraasikan, maka hasilnya akan mendorong target pencapaian sesuai dengan arahan presiden," jelasnya.

Azwar Anas menyampaikan melalui digitalisasi, dirinya sebagai Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP) berhasil memasukkan 1 juta produk lokal ke dalam e-katalog. Hal ini melebihi target dari Jokowi.

"Kemarin kami baru mendapat amanah di LKPP, setahun targetnya 90.000 produk, kami masuk beliau menarget 1 juta produk sampai akhir tahun dengan program digitalisasi produk dan alhamdulilah sekarang sudah 1 juta produk," tuturnya.

Dia menekankan akan selalu mendukung visi misi Jokowi, terutama untuk menyelesaikan target-target prioritas. Salah satunya, membuat birokrasi betul-betul terlibat dalam penanganan kemiskinan dan stunting

"Kalau kita bagi habis kan bisa selesai. Intinya kami akan bekerja sesuai dengan arahan bapak presiden tadi termasuk birokrasi yang melayani," pungkas Azwar.

Kader PDI-P

Azwar Anas merupakan kader PDI Perjuangan (PDIP) yang saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP). Ia juga merupakan Bupati Banyuwangi yang memimpin sejak 21 Oktober 2010 hingga 17 Februari 2021.

Sebelum menjadi Menpan-RB, Anas sudah malang melintang di dunia politik. Dia pernah tercatat sebagai anggota DPR termuda hingga Bupati Banyuwangi yang sukses membawa kemajuan bagi wilayah di ujung timur Pulau Jawa itu.(L6)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS