Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalu Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Karawang mendorong para santri yang ada di Kabupaten Karawang melalui Beasiswa Karawang Cerdas.
Foto : Rohmana Kabag Kesra


Diketahui bahwa pada gelaran MTQ XXIX Kalimantan Selatan, Kabupaten Karawang mengirim sebanyak 5 orang untuk mewakili Provinsi Jawa Barat untuk berkompetisi di sana.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat pada Setda Kabupaten Karawang, Rohmana Setiansyah mengatakan, peringatan hari santi ini merupakan suatu pengingat peran santri sangat penting dalam masa perlawanan melawan penjajah dan juga Kemerdekaan Indonesia.

Dengan demikian, kata dia, peran santri menjadi tonggak perjuangan dan kini santri mengisi perjuangan tersebut dengan memberikan prestasi untuk Indonesia.

"Ini mengingatkan kita, bahwa kita harus memperlakukan para santri ini dengan baik, karena selain dari ilmu yang mereka ampuh sangatlah banyak, karena bukan hanya ilmu dunia saja, melainkan ilmu akhiratnya mereka pelajari," ujarnya.

Selain itu, Ia menuturkan bahwa sebagai suatu bentuk kepedulian, Pemkab Karawang memberikan berbagai fasilitas dan support kepada para santri, khususnya di Kabupaten Karawang. 

"Banyak, seperti untuk pengembangan mereka dalam segi pembelajaran, agar bisa semangat belajar, ada bantuan Karawang Cerdas (Kacer) untuk santri-santriwati yang berprestasi dan ada juga bantuan-bantuan untuk Pondok Pesantren, agar mereka bisa belajar dengan nyaman dan aman," Jelasnya 

Ia juga berharap kepada semua orang, khususnya masyarakat Kabupaten Karawang bisa ikut serta membantu para santri-santriwati ini.

"Terutama yang yatim atau yatim piatu ya. Mereka ini butuh kita, ingat, ini bukan untuk membelaskasihani atau merendahkan, tapi, sebagai rasa kemanusiaan kita terhadap manusia, mengingat mereka ini adalah orang-orang terpilih, yang insyallah bisa menjadi berkah dan menolong kita diakhirat nanti," ungkapnya. (Jn)