Pelaksanaan suntik mati TV analog dilakukan 2 November 2022 yang mana itu tinggal seminggu lagi. Masyarakat diimbau untuk bersiap-siap beralih ke siaran TV digital.

Foto ilustrasi

Kepastian itu ditegaskan kembali Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate bahwa implementasi Analog Switch Off (ASO) sesuai jadwal. Akan tetapi seiring dengan hal itu, ada kebijakan baru migrasi TV analog ke digital ini. Pada 2 November 2022 memang tidak serentak, melainkan dilakukan secara bertahap.

Johnny menjelaskan dari total 514 kabupaten dan kota yang tersebar di seluruh Indonesia, terdapat 222 wilayah yang akan dialihkan dari siaran TV analog ke digital.

"Sedangkan untuk 292 daerah lainnya akan dilakukan sesuai kesiapan wilayah," ujar Menkominfo pada Senin (24/10).

Lebih lanjut, Menkominfo menyampaikan bahwa dari sisi infrastruktur digital di lingkup nasional itu sudah dikatakan oke untuk TV digital mengudara.

"Jadi dari sisi infrastruktur secara nasional sudah siap, namun dari sisi distribusi set top box yang masih harus kita sempurnakan," ungkap dia.

Sementara itu, ASO Jabodetabek tetap dilaksanakan pada 2 November 2022. Sebelumnya wilayah ini akan dilakukan pada 5 Oktober lalu, namun urung diterapkan mengingat kesiapan masyarakat untuk bermigrasi masih rendah saat itu.

Menkominfo memaparkan distribusi set top box gratis di Jabodetabek sudah disalurkan kepada 479 ribu keluarga rumah tangga miskin ekstrem, yang mana distribusi itu mencapai 98,44% dengan rasio pemerintah menyiapkan 359.617 unit dan penyelenggara multipleksing 112.484 unit.

"Dengan demikian, kita harapkan pelaksanaan Analog Switch Off pada 2 November di wilayah Jabodetabek bisa berjalan dengan baik," jelasnya.

Berikut cara migrasi dari TV analog ke TV digital:

  • Pastikan di daerahmu sudah terdapat siaran TV digital. Untuk mengetahuinya bisa unduh aplikasi Sinyal TV Digital di Play Store maupun App Store
  • Gunakan antena biasa, baik yang dipasang luar rumah atau di dalam rumah
  • Pastikan bahwa pesawat televisi sudah dilengkap penerima siaran TV digital DVB-T2
  • Jika televisi detikers analog, maka bisa diakali dengan menggunakan alat tambahan bernama set top box
  • Setelah perangkat televisi tersambung, pilih opsi pengaturan/setting
  • Pilih auto scan untuk memindah program siaran TV digital (*)