Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Karawang resmi di canangkan Bupati Karawang, Rabu (26/10/2022). Selain bergerak terhadap penyediaan kecukupan suplai darah untuk masyarakat yang membutuhkan, PMI Karawang terus mendorong masyarakat dan kalangan ASN untuk komitmen berbagi kasih dalam iuran dana PMI untuk penanggulangan bencana alam.
Foto : Kegiatan Pencanangan Bulan bakti PMI Karawang

Ketua PMI Karawang, Hj Elly Amalia Priyatna mengungkapkan, PMI tidak hanya mengurus kecukupan darah untuk masyarakat Karawang, tapi juga berupaya membantu masyarakat yang terdampak bencana, seperti kebanjiran, kebakaran, puting beliung, rumah roboh dan lainnya. PMI sebut Elly, juga sudah menjalin kerjasama dengan Palang merah Amerika soal sosialisasi penanggulangan bencana. Karenanya, bulan dana PMI ini diberikan dan selalu di sebar berupa kupon agar kiranya semua pihak ikut berkontribusi membantu pengadaan stol logistik bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Bayangkan, 1 kupon saja hanya berharap iuran Rp2000 perorang. Jika saja semuanya penuh berbagi kasih dengan uang Rp2000 perak itu di kali 1 juta saja penduduk Karawang, itu sudah terhimpun Rp2 Milyar, tapi kenyataannya memang ini belum pernah tercapai, " Keluh Elly. 
Foto : Kegiatan Pencanangan Bulan bakti PMI Karawang

Ia menambahkan, lewat pencanangan ini diharapkan bulan dana PMI tahun 2022 lebih maksimal. Dirinya juga meminta Ibu Bupati Karawang dr Cellica Nurachadiana untuk memberikan arahan, bantuan dan imbauannya kepada seluruh ASN Karawang, agar bisa berbagi kasih untuk sesama melalui pembelian kupon bulan dana ini.

"Kita berharap Bupati bisa memberikan arahan dan imbauannya agar seluruh ASN di Karawang bisa berkontribusi untuk berbagi kasih dalam bulan dana PMI ini, " Katanya.

Bupati Karawang dr Cellica Nurachadiana mengatakan, dalam penanggulangan bencana, pihaknya tahu betul semua pihak tergugah untuk saling membantu. Pemkab Karawang lewat BPBD, Dinas Sosial, Pol PP dan Intansi lainnya menjadi garda terdepan antisipasi segala bentuk kebencanaan, tanpa kecuali PMI Karawang yang sudah berkontribusi besar membantu tugas-tugas di lapangan. Tentu saja, sebutnya, PMI butuh support semua pihak untuk membantu logistik dan perannya.

"Semoga, lewat pencanangan ini, bulan dana PMI semakin maksimal tentunya dengan peran bapak ibu sekalian untuk sama-sama berkontribusi, " Pungkasnya. (Rd)