Sering kali bikers sembarangan menggeber-geber motor matic sampai RPM tinggi saat dalam posisi standar dua atau standar tengah.

Padahal menggeber motor matic dalam keadaan standar dua bisa menimbulkan kerusakan di area CVT.

Hal tersebut dibenarkan Yoga Ningrat, owner Yoga Motoshop (YMS), bengkel spesialis matic bongsor di Ciracas, Jakarta Timur.

"Masalahnya ada di beban, kalau motor matic lagi jalan kan berat, kalau digantung (standar dua) jadi ringan," buka Yoga seperti ditulis laman MOTOR Plus-online, Minggu (23/10/2022).

"Sebenarnya enggak masalah jika kondisi CVT masih standar, itu pun masih beresiko," sambungnya.

"Nah kalau umpama per-nya sudah diupgrade, biasanya per dibikin panjang lebih keras, per sentri pun begitu, ada juga ubahan di sliding shave-nya, nah itu yang bahaya," lanjutnya.

Yoga menjelaskan, kalau motor matic sudah pakai per lebih keras, disarankan jangan digeber sampai RPM tinggi.

"Karena selain beban tadi, sliding shave itu sudah diatur sedemikian rupa oleh pabrikan jarak main atau travelnya," tambah lagi Yoga..

"Kalau sampai per melewati jarak main sliding shave, maka saat digeber jadinya melebihi batas," sambungnya.

Per CVT motor matic yang hancur gara-gara digeber sampai RPM tinggi.

"Biasanya per yang tadinya keriting jadi lurus," lanjutnya.

"Beberapa kasus kalau terlalu ekstrim seperti per-nya terlalu keras, per sentri terlalu keras, dan power mesin sudah bore up itu bahaya," tambahnya.

"Ada beberapa kasus di luar dan dalam Negeri sendiri yang sampai hancur, jadi seperti meledak gitu ya karena per mendorong keluar terlalu kuat dan mangkoknya pun sudah tidak standar atau custom," sambungnya.

"Biasanya mangkok custom seperti di bengkel kami ada aturannya, jadi untuk melubangi mangkok itu tidak sembarangan pattern-nya," lanjutnya.

"Kalau pattern-nya sembarangan akan mengurangi kekuatan mangkok tersebut, jadi kalau kejadian seperti itu mangkok akan pecah dan crankcase bisa sampai tembus kalau enggak ketahan," pungkas Yoga.(**)

Nah itu dia alasan motor matic enggak boleh digeber saat standar dua, daripada duit keluar banyak buat benerin CVT.

  • Cvt
  • Motor matic
  • Standar tengah
  • Yoga motoshop
  • Cvt motor matic
  • Standar dua motor