Anggota Komisi X DPR RI, Dede Yusuf menegaskan, siapapun yang terpilih menjadi Ketua PSSI harus orang yang paham betul terkait sepak bola.
Anggota Komisi X DPR RI, Dede Yusuf

Namun, Dede Yusuf enggan menyebutkan sosok yang pas untuk mengisi kursi Ketua PSSI nanti.

"Saya tidak mungkin bicarakan saat ini, harus secara resmi. Tetapi kawan-kawan tahu kira-kira (siapa) orang yang terjun di olahraga atau di sepak bola, pasti nama nama itu akan muncul," kata Dede Yusuf usai acara diskusi "Sepak Bola itu Hiburan, Bukan Kuburan" di Kota Bandung, Sabtu (29/10/2022).

Yang pasti, lanjut Dede Yusuf, nama-nama yang muncul tentu yang memiliki pengalaman di sepak bola nasional. DPR RI tentu tidak bisa mengintervensi soal calon Ketua PSSI yang akan dipilih pada KLB nanti.


Ketua Umum PSSI terpilih Mochamad Iriawan (tengah) didampingi dua Wakil Ketua Umum terpilih Cucu Somantri dan Iwan Budianto berfoto bersama dalam penutupan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Jakarta, Sabtu (2/11/2019). (Liputan6.com/Her

Ia berharap siapapun yang terpilih sebagai Ketua PSSI, harus bisa membawa perubahan di tubuh induk sepak bola tersebut ke arah yang lebih baik.

"Yang muncul pasti nama-nama yang sudah ada di dunia persepakbolaan. Poinnya bisakah melakukan perubahan menjadi lebih baik, kalau saya di DPR melihat dari sisi legislasinya, aturannya," ucap Dede.

"Siapapun yang dipilih silakan saja, itu kan internal PSSI. Mau muncul dari pemilik klub atau siapapun silakan saja, tetapi pasti berkepentingan di dunia sepak bola," tambah Dede.

Yang jelas kata Dede dengan digelarnya KLB diharapkan ada perbaikan. "Kuncinya yakni SOP atau atau peraturan pemerintah tentang pelaksanaan sepak bola," cetus Dede.



Siapa Sosok Ketua Baru?

Walau demikian, mantan aktor laga era 90-an ini sedikit membocorkan bahwa sosok yang akan menjadi Ketua PSSI nanti ada orang yang dekat dengan penguasa saat ini.

"PSSI ini boleh dikatakan dekat dengan kekuasaan. Jadi menurut saya nanti nama yang muncul yang dekat dengan kekuasaan. Kenapa demikian? Tadi, ada regulasi di situ, ada sinergitas dengan sponsor, dukungan fasilitas, kalau tidak ada dekat dengan kekuasaan pasti agak sulit," tutur Dede.

Seperti diketahui Ketua PSSI, Mochamad Iriawan memutuskan bahwa pihaknya akan menggelar Kongres Luar Biasa alias KLB PSSI dalam waktu dekat.

Pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu baru saja melakukan rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada Jumat (29/10/2022) malam WIB di Kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta Pusat.

Rapat Exco PSSI tersebut dihadiri oleh 12 jajaran Exco dan berlangsung selama 3 jam 45 menit.

"Pada Jumat, 28 Oktober 2022, Exco PSSI melaksanakan Exco Emergency Meeting yang dihadiri oleh 12 anggota Exco," ujar Iwan Bule dalam YouTube PSSI TV.

"Memutuskan untuk mempercepat kongres biasa pemilihan pemilihan melalui mekanisme KLB PSSI sesuai tahapan aturan organisasi," jelas Iwan Bule.(merdeka)