Kades Sukakerta Kecamatan Cilamaya Wetan H Buchori, sempat di gadang-gadang maju dalam pencalonan anggota legislatif (Pileg) 2024 mendatang dari Partai Gerindra, karena kedekatannya dengan keluarga kencana (Ade Swara_red) yang sudah berlangsung lama. Namun, Kades alumni Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon tersebut, memilih berlabuh ke Partai NasDem besutan Surya Paloh untuk memantapkan diri manggung dalam Pileg di Dapil IV. 
Foto : H Buchori S.Pdi, Kades Sukakerta Kecamatan Cilamaya Wetan Ungkap Kesanggupannya Bergabung Ke Partai NasDem pada Pileg 2024 mendatang

"Memang saya ini dekat dengan keluarga Kencana (Ade Swara-Nurlatifah_red), tapi saya bukan orang Partai Gerindra. Lagi pula sebenarnya, target pencalegan itu, memang ada di dua opsi, antara Partai Gerindra dan NasDem, wal hasil setelah menempuh berbagai pertimbangan dan dorongan, maka Partai NasDem adalah pilihan kendaraan tempatnya berlabuh di 2024 mendatang, " Kata Kades Buchori saat di temui di ruang kerjanya, Rabu (5/10/2022).

Menyatakan keseriusannya maju dalam Pileg di Partai NasDem dapil IV, sambungnya, dirinya sudah sowan mendatangi sekretariat DPC Partai yang saat ini di pimpin Dian Farhujaman di DPC dan Saan Mustopa di tingkat DPW Jabar. Selain silaturahmi, ia sampaikan kesanggupan bergabung ke Partai NasDem dan paparkan visi berikut kalkulasi politik di wilayah dapil IV yang memang masih kosong kursi di Partai ini. Sehingga, pola dan strategi politik saat pencalegan di Partai NasDem ini akan beda dengan caleg di Partai besar dan status Incumnen, karena pola pemetaanya adalah 'Kerja Keras', sekurang-kurangnya sebut Buchori NasDem mampu bertengger di posisi Runner Up kursi ke 7 dari 8 kursi yang tersedia di Dapil IV.

"Cilamaya Wetan ini sangat potensial mendudukan 2 sampai 3 anggota DPRD di Karawang dari dapil IV, maka kalkulasi politiknya harus terukur jelas, dimana titik basis masa pemilih harus mampu termobilisasi optimal oleh putra-putri daerah ini, " Ungkapnya.

Kades yang hobi sepakbola ini menambahkan, Caleg itu sebutnya, ada yang asal Nyaleg dan ada Caleg target jadi pemenang. Adapun caleg 'ngasal' adalah demi memenuhi kuota termasuk keterwakilan perempuan dan atau orang-prang dekat di pengurus partai, tapi dirinya sebut Buchori adalah Bacaleg yang memiliki target jadi dan menang dengan pola yang tentu berbeda dari partai besar dan calon incumben. 

"Saya tahu kompetitor caleg ada di kanan dan kiri, tapi mendulang suara sekitar 16 ribu di dapil IV bagi saya, memang perlu kerja keras dan strategi dengan pola yang terarah. Insha Allah saya optimis, " Katanya.

Lebih jauh Ia menyebut, statusnya saat ini memang masih sebagai Kades Sukakerta dan akan terus menjalankan tugas-tugas sebagai Kades tanpa membawa embel-embel dan atribut politik untuk sejenak, sebab terhempas aturan netralitas. Karenanya, masa jabatan yang akan habis akhir 2024 nanti, akan segera di tanggalkannya pada September 2023 tahun depan, sesaat setelah dirinya nanti di tetapkan sebagai Daftar Calon Tetap (DCT) KPUD. 

"Mohon doanya saja, semoga diberi kelancaran dan restu dari semua masyarakat Dapil IV, khususnya warga Kecamatan Cilamaya Wetan yang sangat potensial memiliki banyak anggota DPRD di tahun 2024 nanti, " Pungkasnya. (Rd).