Sejumlah wakil siswa dari beberapa SD di Kecamatan Cilamaya Kulon, siap tandang dalam lomba di Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat Kabupaten Karawang besok, Jumat (21/10/2022).

Foto : Siswa SDN Manggungjaya 1 Saat Latihan Kawih Pupuh Maskumambang di Kantor Koorwilcambidik Cilamaya Kulon

Meskipun mayoritas berpenduduk dengan bahasa Jawa 'pantura', namun para siswa dan guru, tetap percaya diri menorehkan prestasi di 7 cabang dengan mayoritas berbahasa Sunda.

Kepala SDN Manggungjaya 1 Eris Wariyanti mengatakan, salah seorang siswa sekolahnya menjadi salah satu peserta dari FTBI Kabupaten Karawang yang menjadi Cilamaya Kulon. Siswa kelas V bernama Aqiela Firdausi Ahla, sebut Eris, akan jadi patandang dalam lomba pupuh bahasa Sunda di SDIT Al Azhar Karawang besok. Dengan membawakan kawih dari Pupuh maskumambang, pihak sekolah, guru pendamping dan koorwilcambidik mendukung penuh Aqiela dan peserta lainnya. 

"Jadi untuk mematangkan persiapan, semua siswa yang akan menjadi peserta di hadirkan untuk latihan bersama sebelum tampil dalam FTBI tersebut di Kantor Koorwilcambidik, " Kata Eris.

Adapun beberapa cabang lainnya yang di pertandaingkan sambungnya, adalah kategori lomba Bodor Sorangan (Borangan), Maca Sajak, Biantara, Ngadongeng, Baca Tulis Aksara Sunda dan Nulis Carita Pondok (Carpon). 

"Meskipun sehari-hari ada beberapa desa yang berhasa jawa, namun untuk Manggungjaya dan Sumurgede lebih dominan Sunda. Sehingga, melihat darah seni, kemampuan siswa dan percaya dirinya, kami optimis bisa menorehkan prestasi di even ini, " Ungkapnya. (Rd)