Sebanyak 21 akseptor implan dan 6 IUD berhasil di jaring satpel KB Kecamatan Tempuran dan di layani secara gratis pemasangannya di layanan medis Puskesmas Lemahduhur, Jumat (11/11/2022).

Foto : Satpel KB Usai Layanan Akseptor Jenis Implan dan IUD di Puskesmas Lemahduhur

Akseptor yang berhasil terjaring dalam layanan KB tersebut, antara lain berasal dari Desa Lemahmakmur, Lemahsubur, Lemahduhur, Dayeuh Luhur dan Lemahkarya.

Penyuluh KB Kecamatan Tempuran, David Agustian mengatakan, layanan ini gratis dilakukan untuk memenuhi target akseptor di Kecamatan Tempuran. Alhamdulillah, setelah penyuluhan dan penjaringan, di dapti sebanyak 27 akseptor yang di layani pemasangan kontrasepsi jenis Implan dan IUD dengan rincian Implan 21 orang dan IUD sebanyak 6 orang. Kedua kontrasepsi jenis ini, sebut David, dianggap lebih efektif dan mudah untuk digunakan serta cocok untuk yang sering lupa mengonsumsi pil KB, karena pemakaiannya tidak perlu digunakan secara berulang.

"Ada 21 Implan dan 6 IuD di layani langsung di Puskesmas Lemahduhur, " Katanya.

David menambahkan, beberapa kelebihan lain kontrasepsi jenis ini, cocok digunakan untuk wanita yang tidak bisa menggunakan alat kontrasepsi dan yang mengandung estrogen.
Efektivitas implan lebih dari 99 persen dan dapat digunakan selama 3 tahun, ini sebutnya, sangat berguna bagi mereka yang kesulitan untuk mengonsumsi pil pada waktu yang sama setiap hari. Bahkan, Implan dapat segera dikeluarkan jika mengalami efek samping
Kesuburan dapat segera kembali ketika implan dilepaskan.

"Harganya juga terbilang murah karena hanya perlu menggunakannya satu kali selama 3 tahun tanpa perlu penggantian rutin setiap bulan, " Ujarnya.

Selain 99 persen dapat mencegah kehamilan dan dapat digunakan selama tiga tahun, KB yang akrab di sebut susuk ini juga memiliki manfaat lain, yaitu aman untuk ibu menyusui. Meski sebagaian kecil hormon dari jenis KB ini dapat diserap ASI, namun kadarnya masih aman dan tidak mengganggu kandungan nutrisi pada ASI. 

"Sehingga, pemasangan implan sudah bisa dilakukan pada orang yang baru saja melahirkan selama 3-4 minggu. Selain itu, KB susuk ini juga aman digunakan untuk Anda yang baru saja mengalami keguguran, " Katanya.

Sementara kelebihan spiral KB atau IUD, adalah alat kontrasepsi yang bisa digunakan dalam jangka waktu lama, di antaranya ada yang bisa digunakan selama tiga hingga 10 tahun. Alat kontrasepsi ini tambah David, memiliki tingkat keefektifan hingga 99 persen dalam mencegah kehamilan. Ini adalah angka yang mirip dengan sterilisasi permanen. Sehingga, alat ini bisa di lepas kapan saja dan tingkat kesuburan akan segera kembali setelahnya.

"Penggunaan IUD hormonal sering menyebabkan menstruasi yang lebih ringan, lebih pendek, dan tidak terlalu menyakitkan, itulah sebabnya mereka diresepkan untuk wanita yang mengalami menstruasi yang berat dan menyakitkan. Mereka dapat digunakan oleh wanita usia berapa pun, dari remaja hingga wanita menopause. Penelitian menunjukkan bahwa IUD hormonal dapat mengurangi risiko terkena kanker endometrium, " Pungkasnya. (Rd)

Berikut Pengguna Layanan Kontrasepsi KB Jenis Implan : 

Lemahmakmur impl 4
Lemahsubur implan 5
Lemahduhur implan 3
Dayeuhluhur implan 6
Lemahkarya impl 3
Total 21

Kontrasepsi IUD : 

Lemahmakmur 1
Lemahsubur 1
Lemahduhur 1
Lemahkarya 1
Dayuehluhur 2
Total 6