×

Iklan

Indeks Berita

Menlu Belarusia 'Mendadak' Meninggal Dunia, Apa Penyebabnya?

27 Nov 2022 | Minggu, November 27, 2022 WIB Last Updated 2022-11-27T14:14:00Z

Menteri Luar Negeri Belarusia Vladimir Makei meninggal dunia, menurut keterangan pihak kementerian luar negeri negara tersebut tanpa mengelaborasi lebih lanjut pada Sabtu, 26 November.
 
Melalui laman Facebook, Kemenlu Belarusia menuliskan bahwa Makei "mendadak meninggal dunia hari ini." Pihak kementerian juga mengunggah sebuah foto Makei di Twitter, dengan tulisan berbahasa Inggris "has passed away" atau "telah berpulang."

Menteri Luar Negeri Belarusia Vladimir Makei

 
Kemenlu Belarusia tidak menyebutkan penyebab serta lokasi kematian. Makei diketahui meninggal di usia 64 tahun.


Kantor berita nasional Belarusia, Belta, turut memberitakan kematian Makei dengan mengutip juru bicara kementerian luar negeri. Belta juga tidak memberikan detail kematian sang menteri.
 
Makei dikenal sebagai salah satu orang dalam lingkaran Presiden Belarusia Alexander Lukashenko, yang ditunjuk menjadi menteri luar negeri pada 2012. Sebelumnya, Makei pernah menjabat sebagai seorang asisten dan kepala staf Lukashenko.
 
Lukashenko telah mengekspresikan belasungkawa mendalam kepada keluarga Makei. Makei meninggalkan seorang istri dan tiga anak.
 
Pekan kemarin, Kemenlu Rusia mengatakan bahwa Menlu Sergey Lavrov akan bertemu dengan Makei di Minsk, ibu kota dari Belarusia. Pertemuan seharusnya berlangsung pekan ini.
 
"Kami terkejut dengan laporan kematian Makei," tutur jubir Kemenlu Rusia Maria Zakharova via Telegram.
 
Selama invasi Rusia ke Ukraina sejak Februari lalu, Belarusia tetap menjadi sekutu dekat Moskow. Lukashenko mempersilakan Rusia menggunakan lokasi Belarusia untuk menyiagakan prajurit dan peralatan militer.
 
Lukashenko juga menjadikan sejumlah wilayah di Belarusia sebagai lokasi lepas landas pesawat jet tempur Rusia menuju Ukraina.
 
September lalu, Makei mengatakan dalam Majelis Umum PBB bahwa "negara-negara Barat harus bertanggung jawab penuh atas pertumpahan darah di Ukraina." Menurutnya, Barat adalah pihak yang membuat "konflik di Ukraina menjadi sesuatu yang tak terhindarkan." (Medcom).

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS