Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Karawang kunjungi Balai Besar Petugas Organisasi Pengganggu Tanaman (POPT) di Kecamatan Jatisari, Kamis (10/11/2022). Di pimpin langsung Ketuanya, H Dadan Sugardan, KTNA meminta peran serta POPT untuk optimalkan pengetahuan dan sosialisasi terkait pengendalian hama kepada para petani untuk kelancaran produksi pangan seperti padi. 

Foto : Ketua KTNA Karawang Dadan Sugardan saat Kunjungi Balai Besar POPT

Di katakan Dadan Sugarda melalui pengurus KTNA Karawang, Suhada Sp, 
agenda KTNA saat ini adalah menerima latihan pengendalian padi dengan agen hayati. Pihaknya merasa perlu peran serta POPT untuk semakin optimal memberikan penyuluhan dan tambahan pengetahuan bagi petani terkait POPT di setiap usia pertanaman. Sehingga, ketika hama berhasil di kendalikan dengan baik sesuai arahan dan teori tepat, itu akan mampu berkontribusi pada serapan produksi padi setiap musim. Apalagi, mayoritas petani, diakui Suhada, memang begitu jarang mengetahui serangan hama dan pengendalian tepatnya.

"Kita ingin di beri pemahaman mendalam soal pengendalian hama dengan datang langsung ke balai besar bersama para petani, ini dilakukan untuk antisipatif potensi anjloknya produksi padi di petani, " Katanya, Kamis (10/11/2022). 

Ia berharap, lewat kunjungan kerja KTNA dan latihannya ini, bisa memberi manfaat, utamanya pengetahuan mendalam bagi petani untuk pencegahan hama. Tak lupa, peran serta POPT bersama penyuluh pertanian di lapangan juga tak kalah pentingnya untuk pengendalian OPT di lapangan.

"Peran serta petugas POPT dan penyuluh di setiap kecamatan juga sangat penting dalam pengendalian OPT, untuk itu KTNA ingin semua berkolaborasi untuk mensukseskan taget capaian produksi beras di Karawang, " Pungkasnya. (rd)