×

Iklan

Indeks Berita

Terbaru Kondisi Gempa Cianjur, Tercatat 56 Korban Meninggal Dunia

21 Nov 2022 | Senin, November 21, 2022 WIB Last Updated 2022-11-21T12:57:13Z

Masyarakat Jawa Barat, khususnya yang berada di daerah Cianjur baru saja diguncang gempa berkekuatan M 5,6 yang terjadi pada Senin (21/11) pukul 13.21 WIB. Selain kerusakan bangunan, bencana gempa tersebut juga memakan korban tewas hingga luka-luka.

Gempa tersebut juga dirasakan oleh beberapa daerah lain seperti  Tangerang, Bekasi, Banten, Bogor, dan juga Jakarta yang berjarak 100 Km dari Cianjur.

Berikut deretan fakta kondisi terkini gempa di Cianjur.


BNPB Segera Aktifkan Posko Penanganan Bencana di Cianjur


Badan Geologi: Gempa Cianjur M5,6 Tidak Berpotensi Tsunami Karena Pusatnya di Darat


Kepala BNPB: Korban Meninggal Gempa Cianjur Bertambah Jadi 17 Orang


1. Kerusakan bangunan

Kuatnya gempa di Cianjur mengakibatkan kerusakan bangunan di beberapa lokasi. Mulai bangunan umum hingga rumah dikabarkan mengalami kerusakan akibat gempa. Disampaikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), melalui konferensi pers YouTube yang tayang di kanal BMKG, beberapa bangunan di Cianjur yang mengalami kerusakan di antaranya rumah, pondok pesantren (ponpes), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), hingga gedung pemerintahan.


2. Mengakibatkan longsor

Gempa berkekuatan M 5,6 tersebut juga mengakibatkan longsor yang terjadi di jalur Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang mengakibatkan akses lalu lintas tertutup. Selain itu, longsor juga terjadi di kawasan Cugenang, Kabupaten Cianjur.


3. Menelan korban jiwa 56 tewas

Dikabarkan sebanyak 56 korban gempa meninggal dunia akibat gempa, di mana mayoritas dari korban adalah anak-anak. Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan jika jumlah korban tewas saat ini masih akan terus bertambah. Menurutnya, masih banyak daerah yang terisolasi akibat akses jalan terputus pasca gempa. Dari 56 korban meninggal dunia, 40 di antaranya adalah anak-anak, yang kebanyakan tertimpa bangunan ambruk.

Selain korban meninggal dunia, sejauh ini sebanyak 700 korban mengalami luka-luka. Di mana banyak dari korban tersebut mengalami patah tulang. 70 persen dari korban tersebut masuk kedalam kategori luka berat.[akurat)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS