Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Karawang, raih dua nominasi bergengsi dalam ajang Apresiasi Pengelolaan Media Center BKKBN Jawa Barat tahun 2022. 

Dalam ajang tersebut, Tim Pengelola Media Center DPPKB Karawang menyabet Juara 1 Kategori Pengelola Media Sosial Terbaik dan Juara 1 Advokasi melalui media cetak dan online terbaik. 
Foto : Sekretaris DPPKB Karawang Imam Bahanan Al Husyaeri Saat Terima Menerima Apresiasi dari BKKBN Jawa Barat

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Advokasi, Data dan Informasi pada DPPKB Karawang, Edi Zulkarnaen melalui Subkor Advokasi Asep Supriatna mengatakan, keberhasilan DPPKB Karawang dalam meraih dua penghargaan itu tidak diraih secara instan.

"Kami sudah memulai gerakan advokasi melalui media sosial sejak tahun 2019. Gagasan ini merupakan alternatif kami dalam melakukan komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) kepada masyarakat Karawang," ungkap Asep, Sabtu, (18/12). 

Dalam mengelola konten media sosial dan publikasi media massa, sambungnya, DPPKB Karawang sudah memiliki tim Media Center yang solid. 

Tim tersebut dibentuk khusus oleh Kepala DPPKB Karawang Sofiah. Terdiri dari tim admin media sosial, operator podcast, fotografer dan videografer, hingga dukungan dari mitra wartawan profesional yang tergabung dalam Ikatan Penulis Keluarga Berencana (IPKB) Kabupaten Karawang. 

"Di era digitalisasi ini, kami menyadari bahwa peran media sangat penting dalam penyampaian program-program ke masyarakat," jelas Asep usai menerima penghargaan itu di Hotel Akshaya Karawang. 

"Alasan lain, melalui tim media center, kami mampu memaksimalkan upaya KIE ditengah kekurangan jumlah PLKB di lapangan," imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua Tim Media Center DPPKB Karawang Ahmad Dahlan menambahkan, kekuatan besar yang dimiliki tim media DPPKB Karawang adalah dukungan sarana dan prasarana yang lengkap. 
Selain itu, DPPKB Karawang serius dalam mengembangkan sumber daya manusia di bidang publikasi media. Dengan memberikan pelatihan khusus kepada para admin media bahkan hingga tingkat kecamatan.

"Atas instruksi kepala dinas, semua jajaran DPPKB Karawang dari tingkat kabupaten, kecamatan, bahkan semua PLKB wajib aktif bersosial media," ungkap Dahlan. 

"Apresiasi dari BKKBN ini akan memicu semangat kami untuk terus berkarya dalam menciptakan konten-konten informatif seputar program Bangga Kencana," pungkasnya. 

Keberhasilan Kabupaten Karawang memborong dua penghargaan itu diapresiasi oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat Wahidin. Menurutnya, apa yang sudah dilakukan oleh DPPKB Karawang patut dicontoh oleh kabupaten/kota lain di Jawa Barat. (Rd)