Kamboja menang 5-1 atas Brunei Darussalam pada lanjutan pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Morodok Techo, Kamis (29/12).

Foto pemain Timnas Indonesia

Brunei unggul lebih dahulu atas Kamboja lewat gol Nurikhwan Othman pada menit ke-21. Nurikhwan memaksimalkan dengan baik umpan sepak pjok Hakeme Said dengan sundulan.

Sundulan Nurikhwan ke sisi kiri bawah gawang tidak bisa dijangkau kiper keo Soksela.

Kamboja menyamakan kedudukan 10 menit setelah kebobolan. Angkor Warriors mencetak gol penyeimbang lewat Choun Chanchav dengan skema yang sama dengan Brunei.

Choun Chanchav menyundul bola dari jarak dekat setelah memanfaatkan sepak pojok Tes Sambath.

Kamboja berbalik unggul di babak kedua. Gol penalti Nick Taylor pada menit ke-50 membawa Kamboja unggul 2-1 atas Brunei.

Kamboja mendapatkan penalti setelah kiper Heimie Nyaring membuat pelanggaran. Tendangan kaki kiri taylor ke sisi kiri gawang Brunei tidak bisa dijangkau Heimie.

Kamboja berpeluang menambah gol setelah mendapatkan penalti pada menit ke-72 setelah Haziq Kasyful handball di kotak terlarang.

Keo Sokpheng yang menjadi eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik pada menit ke-73. Eksekusi dengan tendangan kaki kanan ke sisi kanan bawah mengecoh kiper Heimie Nyaring yang bergerak ke kiri.

Gol Lim Pisoth pada menit ke-80 menjauhkan Kamboja dari kejaran Brunei dengan keunggulan 4-1. Tendangan Lim Pisoth dari sisi kiri ke tiang kedua membentur Wafi Aminudin, sehingga bola berubah arah dan mengecoh kiper Haimie.

Lim Pisoth mencetak gol kedua dalam laga melawan Brunei pada menit ke-88 setelah memanfaatkan assist Mat Noron. Kamboja menang 5-1 atas Brunei.

Untuk Klasemen sementara Grup A Piala AFF 2022 tak berubah setelah Timnas Indonesia imbang 1-1 dengan Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (29/12).

Indonesia bermain imbang dengan Thailand pada pertandingan ketiga di Grup A. Gol Indonesia dicetak Marc Klok, sementara Sarach Yooyen menjadi penyumbang gol Thailand.
Pemain timnas

Dengan hasil itu Thailand tetap di puncak klasemen Grup A dengan mengoleksi 7 poin, unggul selisih gol saja dari Indonesia yang berada di peringkat kedua.

Posisi Indonesia dan Thailand dibayang-bayangi Kamboja yang menang 5-1 juru kunci klasemen Grup A Brunei Darussalam.

Kamboja kini mengoleksi enam poin, mengungguli Filipina dan Brunei yang sudah dipastikan tidak akan lolos ke babak selanjutnya.

Thailand, Indonesia, dan Kamboja masih memiliki peluang melaju ke babak semifinal dan akan melawan dua wakil terbaik Grup B.

Vietnam dijagokan keluar sebagai pemuncak klasemen Grup B, sementara Malaysia dan Singapura pun masih punya peluang yang sama besar.

Hasil pada pertandingan ketiga di Grup A sekaligus menjadi bukti Stadion GBK kurang bersahabat bagi Indonesia. Sebelumnya dalam tiga pertandingan melawan Thailand di Piala AFF di GBK, Indonesia hanya meraih satu kemenangan dan dua kali kalah.

Klasemen Grup A Piala AFF 2022:
1. Thailand 7 poin
2. Indonesia 7
3. Kamboja 6
4. Filipina 3
5. Brunei 0

Hasil pertandingan Indonesia vs Thailand, Kamis (29/12), menambah daftar tim tersingkir dari persaingan Piala AFF 2022. Berikut daftar tim tersingkir dari Piala AFF 2022.

Indonesia dan Thailand bermain imbang 1-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Tim Merah Putih unggul lebih dulu atas Thailand berkat gol penalti Marc Klok pada menit ke-50.

Thailand yang bermain dengan 10 orang kemudian bisa menyamakan kedudukan. Bermula dari kesalahan pemain-pemain Indonesia, Sarach Yooyen membobol gawang Nadeo Argawinata.

Hasil imbang tersebut membuat Indonesia dan Thailand kini mengumpulkan nilai 7. Indonesia menempati peringkat kedua, hanya kalah selisih gol dari Thailand yang berada di puncak klasemen Grup A.

Tambahan satu angka, masing-masing, bagi Indonesia dan Thailand membuat Filipina dipastikan tak bisa mengejar poin skuad Garuda dan Gajah Perang.

Filipina saat ini sudah mengemas tiga poin dari tiga pertandingan. Filipina menang atas Brunei Darussalam dan kalah dari Kamboja serta Thailand.

Sementara Filipina tinggal memiliki sisa satu laga yakni melawan Indonesia. Poin maksimal yang bisa diraih Filipina adalah enam poin. Dengan jumlah tersebut, Filipina tak akan bisa melampaui Indonesia dan Thailand.

Filipina pun dipastikan tersingkir menyusul Brunei dan Laos yang sudah lebih dulu tersisih dari perebutan supremasi sepak bola Asia Tenggara.(*)

Daftar 3 Tim Tersingkir dari Piala AFF 2022:
1. Brunei Darussalam .
2. Laos .
3. Filipina .