×

Iklan

Indeks Berita

Berikut Lima Negara Paling Bersih dari Korupsi di Dunia

7 Des 2022 | Rabu, Desember 07, 2022 WIB Last Updated 2022-12-07T12:14:54Z

Negara paling bersih dari korupsi di dunia ditetapkan berdasarkan skor Indeks Persepsi Korupsi (IPK) yang diperoleh. IPK ini dikeluarkan oleh Transparency International yang merupakan organisasi non-pemerintah yang dibentuk dengan tujuan untuk memerangi korupsi.

Bendera Denmark

Setiap tahunnya, Transparency International merilis daftar negara beserta IPK yang didapatkan. Skor yang diberikan berada di antara angka 0 sampai 100, dimana negara yang memperoleh skor 100 berarti benar-benar bersih dari korupsi.

Namun hingga kini, tidak ada satupun negara di dunia yang mampu meraih skor 100. Meskipun demikian, terdapat sejumlah negara yang diklaim memiliki tingkat korupsi paling rendah yang mayoritas berasal dari Eropa.

Adapun deretan negara tersebut akan diulas berikut ini, seperti dikutip iNews.id dari World Population Review pada Rabu (7/12/2022).

Negara paling bersih dari korupsi di dunia1.Denmark

Denmark menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan tingkat korupsi terendah di dunia. Skor Indeks Persepsi Korupsi negara ini bahkan mencapai 88 dari 100.

Sampai saat ini, Denmark masih memiliki kebijakan nol toleransi terhadap pemimpin yang melakukan korupsi. Meskipun demikian, negara ini sempat mengalami masalah dimana beberapa menterinya menolak melaporkan sumber pendapatan eksternal mereka.

2.Finlandia

Sama dengan Denmark, Finlandia juga memiliki skor IPK sebesar 88 dari 100. Hal ini membuat negara di Eropa tersebut berhasil masuk dalam daftar negara dengan tingkat korupsi terendah di dunia.

Meskipun demikian, skor tersebut sebenarnya telah mengalami penurunan sejak tahun 2016. Penurunan terjadi karena mencuatnya kasus suap yang dilakukan oleh mantan polisi.

3.Selandia Baru

New Zealand atau Selandia Baru merupakan suatu negara kepulauan yang terletak di sebelah tenggara benua Australia. Negara ini memiliki skor IPK yang cukup tinggi, yakni 88 dari 100 selama bertahun-tahun.

Sejak tahun 2015, pemerintah Selandia Baru memang telah menerapkan aturan yang lebih ketat dan membuat undang-undang baru yang melarang penyuapan dan pencucian uang. Selain itu, tingkat transparansi keuangan pemerintahan juga sudah sangat baik.

4.Norwegia

Norwegia adalah negara berpenghasilan tinggi dengan sektor swasta yang dinamis. Penemuan minyak dan gas di lepas pantai pada 1960-an memberi negara itu dorongan ekonomi yang kuat sampai saat ini.

Dari situlah, kualitas hidup masyarakat Norwegia juga sangat baik. Sementara itu, tingkat korupsi di negara ini juga cukup rendah, dimana skor IPK-nya mencapai 85 dari 100.

5.Singapura

Singapura menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk dalam daftar negara dengan tingkat korupsi terendah di dunia. Skor IPK negara ini mencapai 85 dari 100.

Di Singapura, pelaku korupsi memang mendapatkan hukuman yang cukup berat. Harta dari pelaku bahkan akan dikuras habis oleh negara.


Itulah lima negara paling bersih dari korupsi di dunia yang patut untuk diketahui.

Selain itu, terdapat pula sejumlah negara, seperti Swedia (IPK: 85), Swiss (84), Belanda (82), Luksemburg (81), dan Jerman (80) yang menyandang predikat yang sama.


Sumber: Inews

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS