×

Iklan

Indeks Berita

BMKG Sebut Gempa Garut Tak Berpotensi Tsunami

3 Des 2022 | Sabtu, Desember 03, 2022 WIB Last Updated 2022-12-03T10:42:33Z

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa berkekuatan 6,4 magnitudo yang mengguncang beberapa wilayah di Jawa Barat, Sabtu, berpusat di Kabupaten Garut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa  berkekuatan magnitudo 6,4 yang mengguncang Kabupaten  Garut, Jawa Barat, tak berpotensi tsunami.


Foto ilustrasi

Pusat gempa tersebut berada di darat, tepatnya 52 kilometer barat daya Kabupaten Garut


Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu mengatakan gempa itu terjadi pukul 16.49 WIB. Adapun pusat gempa itu berada di barat daya Kabupaten Garut dengan kedalaman 118 kilometer.

"Dalam beberapa menit pertama setelah gempa, parameter gempa dapat berubah dan boleh jadi belum akurat," kata Rahayu di Bandung, Jawa Barat, Sabtu.
 


 

Adapun gempa itu memiliki titik koordinat di 7.49 lintang selatan dan 107.58 bujur timur. Warga di beberapa daerah Jawa Barat pun sempat merasakan guncangan gempa itu.


 

Pihaknya mencatat daerah yang merasakan gempa itu mulai dari Tasik, Sukabumi, Garut, Bandung, dan beberapa daerah lainnya.


 

Rahayu mengatakan titik gempa itu di daratan sehingga tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Menurutnya, kedalaman gempa itu masuk ke kategori menengah sehingga guncangannya masih bisa dirasakan.(**)


×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS