*GfOoTUz6TpM6Tfr9TUYpTpC6BY==*

Covid-19 Melandai, PMI Karawang Surplus Kantong Darah Setiap Bulan

Animo masyarakat, komunitas, perusahaan dan birokrasi sedikit ada peningkatan sebagai pendonor darah sepanjang tahun 2022. Dari kebutuhan darah 600 sampai 700 kantung setiap bulan, Palang Merah Indonesia (PMI) Karawang selalu surplus lebih dari kantung untuk memenuhi layanan masyarakat yang membutuhkan setiap bulannya. 

Foto : Hj Elly Amalia Priatna Bersama Pengurus PMI Cabang Karawang

"Kebutuhan darah memang meningkat dari 600 sampai 700 kantung darah, bahkan sebelumnya ada yang sampai  2000 per bulan, tapi alhamdulillah semua layanan selalu bisa terpenuhi dan stoknya lebih dari yang di butuhkan, " Kata Ketua PMI Cabang Karawang Elly Amalia Priatna, Rabu (28/12/2022). 

Kontribusi penyumbang surplusnya kantung darah ini, tambah Elly, karena
ada beberapa perusahaan di kawasan Industri yang mulai wellcome mengadakan kembali acara donor darah paska pandemi. 

"Dulu perusahaan dan juga birokrat masih menutup diri untuk berkegiatan donor darah, tapi sekarang kembali welcome paska pandemi, sehingga berkontribusi bagi stok untuk kebutuhan layanan masyarakat, " Katanya. 

Mantan Wakil Bupati Karawang ini menambahkan, selain itu, dana hibah Rp700 juta dari APBD yang rutin mengguyur PMI, di syukurinya sudah seluruhnya terserap sesuai program, dimana Rp200 juta diantaranya adalah untuk unit donor darah dan bantu kantung darah. 

"Soal hibah APBD tahun 2022 ini, Alhamdulillah sudah terserap sesuai program, " Katanya. (Rd)

Komentar0