Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana meresmikan 5 Gedung Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Dengan Tempat Perawatan (DTP) yang diantaranya yakni Gedung Puskesmas Jayakerta, Rawamerta, Cicende, Pacing dan Telukjambe, pada Sabtu (31/12/2022).
Bupati Karawang Resmikan Lima Puskesmas

Pada peresmian tersebut turut dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Karawang Hanafi, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karawang dr. Endang Suryadi, Plt. Dirut RSUD Karawang dr. Fitra Hergyana, Dirut RSKP Karawang dr. Anisah, unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Jayakerta, dan para Kepala Puskesmas di seluruh wilayah Kabupaten Karawang.

Teh Celli dalam sambutannya menuturkan, Puskesmas DTP ini diharapkan bisa membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dengan sesuai dengan Transformasi Layanan Primer.

"Transformasi layanan primer difokuskan untuk meningkatkan layanan promotif dan preventif, seperti memperkuat upaya pencegahan, deteksi dini, promosi kesehatan, membangun infrastruktur, melengkapi sarana, prasarana, SDM, serta memperkuat manajemen di seluruh layanan primer di tanah air," ujarnya.

Iya menambahkan, dengan hadirnya Puskesmas DTP ini sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang bahwa 50 puskesmas direncanakan dengan adanya tempat perawatan.

"Kunjungan rawat inap ke rumah sakit cukup tinggi, jadi dengan dibangunnya puskesmas-puskesmas DTP akan membantu tingkat rujukan, sehingga mampu mendekatkan juga layanan kesehatan untuk diwilayahnya setempat sekecamatan, itupun juga sama dengan semangatnya Kemenkes dengan transformasi kesehatan yaitu transformasi layanan primer yakni puskesmas," ungkapnya.

Teh Celli meminta kepada para Kepala Puskesmas di seluruh wilayah Kabupaten Karawang untuk mampu menjaga dan memelihara serta diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat.

"Semoga dengan dibangunnya puskesmas-puskesmas ini menambah pelayanan, melengkapi layanan untuk kesehatan di Kabupaten Karawang, semoga bangunan ini titipan dari pemerintah daerah bisa dipelihara, bisa dijaga dan menjadi kebanggaan kita semua," ungkapnya.

"Inilah tujuan kami berada di sini, khususnya saya memastikan bahwa semua program-program yang baik harus mempunyai nilai dan manfaat yang baik, harus berproses dengan baik," tambahnya. (Kn)