Masjid Al-Jabbar akan menjadi salah satu destinasi wisata religi baru di Kota Bandung. Masjid yang berlokasi di Jalan Cimincrang, Cimenerang, Gedebage ini akan segera diresmikan pada 30 Desember nanti.

Sebagai destinasi wisata religi, Masjid Al-Jabbar memiliki daya tarik tersendiri, salah satunya nampak terlihat terapung di atas permukaan air. Masjid ini juga dapat menampung 50.000 jamaah di dalamnya.


Foto : Masjid Al-Jabbar, Wisata Religi Baru di Bandung

Destinasi wisata religi baru di Bandung

Masjid Al-Jabbar akan menjadi destinasi wisata religi baru di Kota Bandung, Jawa Barat. Masjid ini akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti penginapan, ruang belajar, ruang seminar, hingga tempat pelatihan oleh pemerintah Kota Bandung.

Masjid Al-Jabbar juga menjadi salah satu masjid di Indonesia yang menerapkan konsep tempat ibadah dan tempat belajar.

Memiliki 99 menara

Bangunan Masjid Al-Jabbar berbentuk persegi dengan ukuran 99 x 99 meter. Masjid ini dibangun dengan empat tower, yang tiga diantaranya setinggi 33 meter. Angka 33 menggambarkan wirid tasbih 33, hamdalah 33, dan takbir 33. Total 33 menara dikali 3 adalah 99 yang merupakan angka Asmaul Husna.

Memiliki museum Nabi

Masjid Al-Jabbar dibangun dengan tiga lantai dimana lantai pertama akan berfungsi sebagai museum sejarah Nabi. Diketahui museum Nabi yang akan ditampilkan di masjid tersebut adalah museum Nabi Adam, Nabi Ibrahim, Nabi Yunus, Nabi Nuh dan Nabi Muhammad SAW.

Terlihat terapung di atas air

Masjid yang dibangun di atas lahan seluas 21 hektar ini juga dikenal sebagai Masjid Terapung Gedebage. Dari kejauhan, Masjid Al Jabbar terlihat mengapung di atas air karena berdiri di tengah danau.

Danau buatan tersebut juga dirancang untuk memenuhi kebutuhan air baku di Kota Bandung yang setara 15 meter kubik per detik.

Desain masjid dibuat oleh Ridwan Kamil

Masjid Al-Jabbar menjadi karya selanjutnya dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Masjid ini mulai dibangun pada tahun 2017, dan memakan biaya pembangunan sekitar Rp1 triliun.

Ridwan Kamil mengatakan desain Masjid Al-Jabbar terinspirasi dari rumus matematika Aljabar juga merupakan singkatan dari Jawa Barat.(akurat)