Breaking News
---

Mahasiswa STIE Dr Khez Muttaqin Observasi Sentra Pengolahan Pindang Cikuntul

Sebanyak 4 Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Dr Khez Muttaqin Purwakarta laksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama sebulan terakhir di Desa Cikuntul Kecamatan Tempuran. 

Foto : Mahasiswa Prodi Managemen STIE Khez Muttaqin Saat PKL Observasi pengolahan ikan pindang di Desa Cikuntul

Mereka, observasi lebih dalam pada pengolahan sentra ikan pindang di Desa tersebut. 
Selain mendalami modal usaha dengan segudang bahan baku dan pasokannya, pemasaran hingga laba atau keuntungan yang di dapati pada pengrajin saat hasil produksinya laku terjual untuk perekenomian keluarga.

Mahasiswa Semester 7 STIE Dr Khez Muttaqin, Mumuh Muhidin mengatakan, PKL yang di lakukanya di Desa Cikuntul ini menyasar profesi selain petani di masyarakat, dimana selain pertanian dan perdagangan, usaha pengolahan ikan pindang juga mampu mendongkrak ekonomi keluarga masyarakat desa. Betapapun dengan cara tradisional, namun hasil produksi ikan pindang jenis tongkol dan layang ini, mampu di pasarkan dengan baik di lapak-lapak, pasar dan para pedagang lainnya.

Foto : Mahasiswa Prodi Managemen STIE Khez Muttaqin Saat PKL Observasi pengolahan ikan pindang di Desa Cikuntul

"Kita dalami tuh cara mereka mendapatkan bahan, modal dan proses pengolahannya, kemudian sistem pemasaran maupun laba yang di peroleh dari hasil penjualannya. Itu, di tuangkan secara detail dalam sebuah makalah untuk di persentasekan, " Katanya, Selasa (13/12/2022). 


Mahasiswa lainnya, Nana Taryana mengatakan, dalam 1 jam pemasaran, 
Olahan ikan pindang yang sudah di tingkat pedagang, habis empat badeng.
Progres usaha ini, cukup menjanjikan karena memiliki pangsa pasar tersendiri, sehingga tinggal di support pengembangannya saja, agar ekonomi keluarga dan masyarakatnya ikut terdongkrak. 

"Memang tradisional, tanpa bahan pengawet dan segar. Tapi, soal pemasaran masih perlu perluasan lagi," Kata Mahasiswa Prodi Manajemen ini. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan