Malaysia menang dramatis 1-0 atas Myanmar dalam pertandingan pertama Grup B Piala AFF 2022 di Stadion Thuwunna, Yangon-Myanmar, Rabu (21/12).


Foto : Pemain Malaysia (Okezone)

Tampil di kandang sendiri Myanmar mencoba memberikan perlawanan kepada Malaysia dengan menekan tim tamu. Meski demikian Malaysia selalu bisa keluar dari tekanan tuan rumah.


Pada babak pertama Malaysia mencoba mendominasi permainan dengan menguasai bola. Akan tetapi pressing ketat ditampilkan Myanmar guna mematahkan dominasi Malaysia.


Myanmar mendapatkan kans mencetak gol pada menit ke-18 lewat tendangan Aung Kaung Mann. Akan tetapi peluang Mann bisa diblok pertahanan Harimau Malaya.


Tiga menit berselang giliran Lwin Moe Aung yang mendapatkan peluang mencetak gol. Hanya saja sepakan Aung pada menit ke-21 masih melebar.


Tuan rumah berupaya menekan Malaysia dengan serangan balik cepat. Tetapi tim tamu bisa mematahkan serangan itu di babak pertama.


Gol yang ditunggu-tunggu Malaysia akhirnya tercipta pada menit ke-52 lewat tendangan Faisal Abdul Halim yang memanfaatkan umpan terobosan Safawi Rasid.


Setelah lolos jebakan offside Myanmar, Faisal Halim hanya berhadapan dengan kiper Kyaw Zin Phyo. Tanpa kesulitan Faisal menempatkan bola ke pojok kanan bawah gawang Myanmar.




Serangan Myanmar usai kebobolan dari Malaysia kian intensif. Ketika kesulitan menembus pertahanan Malaysia, Myanmar memilih melepaskan tembakan dari jarak jauh. Hanya saja pertahanan Malaysia masih solid memblok tembakan pemain Myanmar.


Penyelamatan gemilang dilakukan kiper Syihan Hazimi pada menit ke-71 dengan menepis tendangan jarak jauh Kyaw Min Oo yang mengarah ke pojok kiri atas gawang Malaysia.


Myanmar sejatinya lebih mendominasi permainan dan serangan. Hanya saja tim asuhan Antoine Hey ini memiliki penyelesaian akhir yang buruk.


Pada menit ke-90 Myanmar mendapatkan penalti setelah bek Shahrul Nazeem dianggap handball di kotak terlarang.


Win Naing Tun yang menjadi eksekutor menyia-nyiakan kesempatan Myanmar menyamakan kedudukan. Penalti Naing Tun pada menit ke-90+4 yang mengarah ke kiri bawah bisa ditepis kiper Syihan Hazimi.


Tanpa tambahan gol pada sisa laga, Malaysia menang 1-0 atas Myanmar.


Susunan Pemain Myanmar vs Malaysia:


Myanmar: Kyaw Zin Phyo; Nanda Kyaw, Ye Min Thu, Kyaw Zin Lwin, Thiha Htet Aung; Yan Naing Oo, Kyaw Min Oo, Lwin Moe Aung, Hein Htet Aung; Maung Maung Lwin, Aung Kaung Mann.


Malaysia: Syihan Hazimi; Sharul Nazeem, Dominic Tan, Khuzaimi Pie, Azam Azmi; Ruventhiran, Brendan Gan, Stuart Wilkin; Safawi Rasid Ruventhiran, Darren Lok, Faisal Halim.(live/CNN)