Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana mengatakan ratusan ribu personel itu dikerahkan dalam Operasi Lilin Lodaya 2022 mulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023. Selain itu, personel itu dikerahkan untuk menjaga lokasi wisata.


Foto ilustrasi : Kereta api

"Seluruh jalur, jalan alternatif, dan tol kita laksanakan (pengamanan) untuk Malam Misa Natal dan hari berikutnya. Kita akan lakukan pergeseran di beberapa tempat untuk melakukan monitoring," kata Suntana usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022 di Depan Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis.



Di wilayah hukum Polda Jawa Barat, menurutnya, ada 326 pos pengamanan yang didirikan. Pos pengamanan di berbagai titik itu terdiri atas pos pengamanan terpadu, pos pengamanan lalu lintas, hingga pos pelayanan masyarakat.

Di samping itu, kata dia, pihaknya meningkatkan deteksi dini terhadap ancaman atau pergerakan terorisme. Seluruh personel yang terlibat Operasi Lilin Lodaya 2022 dan jajaran polres hingga polsek diperintahkan untuk mendeteksi ancaman itu.

"Bila ada informasi yang kami terima dan kami kembangkan akan menjadi gangguan maka segera kami laksanakan sesuai aturan," katanya. Sementara itu, Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan ada berbagai lokasi yang menjadi objek sasaran pengamanan, mulai dari 1.210 gereja, 334 tempat ibadah, 598 objek wisata, 60 terminal, dan 138 pusat perbelanjaan (mal).

"Kemudian ada tiga bandara, lokasi kegiatan masyarakat kurang lebih 1.239 tempat, stasiun, pool bus, dan lainnya kurang lebih 66 tempat, sedangkan pelabuhan ada sekitar dua tempat," kata Ibrahim.


Setelah masa Operasi Lilin Lodaya 2022 usai, menurutnya, Polda Jawa Barat bakal menggelar Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) guna memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat berjalan kondusif.

"Itu untuk maintenance wilayah dengan melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan selama tujuh hari mulai tanggal 3 sampai tanggal 9 Januari 2023," kata dia.

Perlu diketahui, PT Kereta Api Indonesia (persero) atau KAI menyediakan 5,6 juta tiket kereta api jarak jauh pada libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Selama kira-kira 18 hari, saat ini PT KAI menyediakan 5,6 juta tiket kereta api dan sampai hari ini sudah terjual 916 ribu dari total tiket yang kita siapkan," kata Direktur Utama (Dirut) PT KAI, Didiek Hartantyo di Jakarta, Kamis.

Didiek mengatakan pihaknya telah melakukan persiapan jelang libur  Natal dan Tahun Baru.

"Persiapan yang dilakukan meliputi ramp check (inspeksi keselamatan) dan pemeriksaan terkait standar pelayanan minimum diseluruh daerah operasi (daop) dan divisi regional (divre)," ungkapnya.

Ia menjelaskan pemeriksaan yang dilakukan dalam persiapan tersebut bersama  Kementerian Perhubungan.

"Pengecekan telah kita lakukan pada Oktober dan November 2022," ucapnya.

Lalu untuk PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, menyiapkan alat material untuk siaga (Amus) di 17 stasiun, untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam selama pelaksanaan masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2023.

"Kami siapkan amus di 17 stasiun, untuk mempercepat penanganan saat terjadi bencana," kata Kepala Daop 3 Cirebon Takdir Santoso di Cirebon, Kamis.

Takdir mengatakan amus yang disiapkan di 17 stasiun wilayah Daop 3 Cirebon tersebut, agar ketika terjadi bencana alam yang menyebabkan jalur rel kereta mengalami masalah bisa segera diatasi.

Apalagi, lanjut Takdir, masa angkutan Natal dan Tahun Baru, sedang bertepatan dengan cuaca ekstrem, sehingga perlu antisipasi bila terjadi hal yang tidak diinginkan, agar perjalanan kereta api tidak terganggu.

Menurut dia, 17 stasiun yang menyediakan amus yaitu Stasiun Pabuaran, Pasirbungur, Pegaden Baru, Haurgeulis, Terisi, Jatibarang, Arjawinangun, Cirebon, Cirebon Prujakan, Babakan, Tanjung, Bulakamba, Brebes, Sindang Laut, Ciledug, Ketanggungan, dan Songgom.

"Untuk amus sendiri itu berupa material seperti batu koral, besi rel, kayu, dan lain sebagainya," tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga menyiagakan petugas penilik jalan (PPJ) ekstra sebanyak 45 orang, penjaga jalan lintas (PJL) ekstra 10 orang, dan 12 orang petugas posko daerah rawan ekstra pada 6 titik 10 lokasi.

Menurut dia, petugas dan perlengkapan tersebut disiagakan untuk mengamankan perjalanan KA di sepanjang lintas KA untuk memantau apabila terjadi kondisi yang dapat menghambat perjalanan KA.

"Kami memetakan ada enam titik daerah yang rawan bencana, seperti ambles, bantalan rel tergerus, banjir, dan juga tanah labil," katanya.(Ant)