Timnas Thailand berhasil mengalahkan Malaysia 3-0 pada pertandingan semifinal leg kedua Piala AFF 2022 di Stadion Thammasat, Pathum Thani, Selasa (10/1).

Foto : Timnas Thailand

Dengan kemenangan itu Thailand menang agregat 3-1 atas Malaysia pada duel di semifinal Piala AFF 2022.

Tim Negeri Gajah Perang berhasil unggul pada menit ke-19 lewat gol Teerasil Dangda. Dangda berhasil mencetak gol melalui sundulan usai meneruskan umpan silang dari Theeraton Bunmatan dari sisi kiri.


Pada menit ke-28 pelatih dari kedua tim yakni Kim Pan Gon dan Alexandre Polking sempat mendapatkan kartu kuning dari wasit Adham Makhadmeh dari Yordania. Keduanya mendapatkan kartu kuning karena melakukan protes berlebihan.

Sementara, Malaysia mendapatkan peluang terbaik pertama pada menit ke-36 lewat tandukan Darren Lok usai memanfaatkan umpan silang dari Muhammad Fazly Bin Mazlan. Sayangnya, tandukan Lok masih dapat ditangkap oleh kiper Thailand Kampon Phatomakkakul.

Hingga pertandingan babak pertama berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Thailand unggul 1-0 atas Malaysia di babak pertama dan membuat skor agregat sementara 1-1 setelah Tim Harimau Malaya menang 1-0 di semifinal leg pertama di Kuala Lumpur pada Sabtu (7/1).

Pada babak kedua Thailand masih mendominasi jalannya pertandingan. Di menit ke-55 tembakan Bordin Phala dari dalam kotak penalti Malaysia usai meneruskan umpan silang Ekanit Panya berhasil membawa Thailand unggul 2-0.

Di menit ke-60 Malaysia mengancam gawang Thailand lewat tembakan keras Faisal Halim dari luar kotak penalti. Namun tembakannya masih melambung tipis di atas mistar gawang Thailand.
Foto : Timnas Thailand

Thailand berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0 lewat gol Adisak Kraisorn. Kraisorn berhasil meneruskan bola sepakannya sendiri yang membentur mistar untuk diteruskan menjadi gol ke gawang Malaysia.

Adisak Kraison memiliki kans menambah gol pada menit ke-80. Akan tetapi upaya Adisak yang menggiring bola sendirian menemukan jalan buntu setelah tidak ada pemain Thailand lain di pertahanan Malaysia.


Meski sudah unggul 3-0, Thailand tidak juga mengendurkan serangan. Pada menit ke-87 Peeradol Chamrasamee melepaskan tembakan namun ditangkap kiper Syihan Hazmi.

Peeradol kembali menciptakan bahaya bagi Malaysia pada menit ke-90 setelah tendangan placing kaki kanannya hanya menyamping tipis di sisi kiri gawang tim tamu.

Tanpa tambahan gol pada sisa laga, Thailand menang 3-0 atas Malaysia. Kemenangan itu membuat Thailand menyingkirkan Malaysia dengan agregat 3-1.

Hasil manis ini membuat Thailand lolos ke final Piala AFF 2022 dan berjumpa Vietnam. Laga final leg pertama akan digelar di kandang Vietnam pada Jumat (13/1) mendatang. Sementara final leg kedua akan digelar pada Senin (16/1).

Susunan Pemain Thailand vs Malaysia di Semifinal Piala AFF 2022:

Thailand XI: Kampon Phatomakkakul; Suphanan Burerat, Kritsada Kaman, Pansa Hemviboon, Sasalak Haiprakhon; Theerathon Bunmatan, Sarach Yooyen, Ekanit Panya, Bordin Phala; Teerasil Dangda, Peeradon Chamratsamee

Malaysia XI: Ahmad Syihan Hazmi; Muhammad Azam Bin Azmi, Sharul Nazeem Sharul Nazeem, Dominic Tan; Stuart John Wilkin, Muhammad Fazly Bin Mazlan, M Norhakim bin Hassan, M Mukhairi Ajmal, Brendan Gan; M Faisal Halim, Darren Lok.

Perlu diketahui pula untuk striker Thailand Teerasil Dangda menjadi top skor sementara Piala AFF 2022 setelah membobol gawang Malaysia pada leg kedua semifinal di Stadion Thammasat, Selasa (10/1).

Dalam pertandingan itu Thailand menang 3-0 atas Malaysia. Kemenangan tersebut membuat Gajah Perang lolos ke final Piala AFF 2022 berkat agregat 3-1. Pada leg pertama Thailand kalah 0-1 dari Malaysia.


Satu dari tiga gol Thailand tersebut dicetak Teerasil Dangda pada menit ke-19 setelah memanfaatkan assist Theerathon Bunmathan. Umpan silang Theerathon dari sisi kiri dimanfaatkan dengan baik oleh Teerasil dengan sundulan yang tidak bisa digagalkan kiper Syihan Hazmi.


Sementara dua gol lain dilesakkan Bordin Phala pada menit ke-56 dan Adisak Kraisorn pada menit ke-71.

Dengan tambahan satu gol itu Teerasil kini sendirian di posisi teratas klasemen top skor Piala AFF 2022 dengan torehan enam gol. Posisi kedua ditempati striker Vietnam Nguyen Tien Linh yang memiliki lima gol.

Duel Thailand vs Vietnam pada dua leg di final Piala AFF 2022 akan jadi pembuktian kehebatan dua penyerang itu: Teerasil dan Tien Linh. Baik Teerasil dan Tien Linh sama-sama memiliki kans menambah jumlah gol pada ajang ini.

Pada final Piala AFF 2022, Vietnam akan menjadi tuan rumah lebih dahulu pada leg pertama di Stadion My Dinh, Sabtu (13/1). Sementara Thailand akan jadi tuan rumah pada leg kedua final Piala AFF 2022 di Stadion Thammasat, Selasa (16/1).

Final nanti akan jadi yang kedua beruntun bagi Thailand setelah edisi 2020. Tim asuhan Alexandre Polking tersebut dalam ambisi mempertahankan gelar juara setelah menang agregat 6-2 atas Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.(CNN)

Berikut Top Skor Piala AFF 2022:

1. Teerasil Dangda 6 gol
2. Nguyen Tien Linh 5 gol
3. Faisal Halim 4 gol