Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak dan Wali Kota Solo diusulkan maju di Pilkada DKI Jakarta 2024. Bagaimana peluang ketiga bertarung menjadi DKI 1? (22/1/23).
Foto : Gibran, Ridwan dan Dardak

Pengamat politik, Ujang Komarudin, melihat peluang ketiga kepala daerah itu bila Emil diusung Demokrat, Ridwan Kamil oleh Golkar serta Gibran dari PDIP dan PKB. Menurutnya ketiga tokoh ini mudah mendapatkan dukungan partai.

"Saya sih melihatnya kalau pengusungnya ada, kalau Emil Dardak Demokrat bisa bergabung dengan koalisi lain, Ridwan Kamil dengan Golkarnya, lalu Gibran dengan PDIP dengan PKB atau lain lain, kalau soal usungan partai tiga tiganya dapat partai, tidak sulit tidak susah," kata Ujang kepada wartawan, Sabtu (21/1).

Hanya saja, Ujang menilai peluang menang ketiganya masih relatif sama. Tidak ada yang terlihat menonjol bila bertarung di DKI. Beda cerita bila Emil tetap di Jawa Timur, Ridwan Kamil di Jawa Barat, sampai Gibran di Jawa Tengah.

"Saya melihatnya konstruksi politiknya Ridwan Kamil di Jawa Barat, karena Ridwan Kamil dan Golkar kan tidak mau kehilangan suara di sana, kalau di Jakarta belum tentu menang juga Ridwan Kamil. Gibran di Jawa Tengah juga mudah lebih menang dibanding di Jakarta, kalau di Jakarta membutuhkan energi yang besar untuk bisa menang. Lalu Emil Dardak lebih baik di Jawa timur, Jakarta juga bisa mengalami kesulitan," jelas Ujang.

Peluang Menang di DKI

Kalau Ridwan Kamil, Emil dan Gibran bertarung di DKI belum terlihat kekuatannya. Sebab belum ada yang melakukan survei elektabilitas calon gubernur DKI Jakarta.

Hanya saja, Gibran punya keunggulan sebagai putra Presiden Joko Widodo. Apalagi bila calon presiden pilihan Jokowi mampu menang di Pilpres 2024.

"Kalau diadu ya kalau Gibran masih anaknya Presiden ya anaknya Presiden yang akan menang," jelas Ujang.

Namun, peneliti SMRC Saidiman Ahmad memandang, tokoh yang punya modal besar bertarung di Pilgub DKI Jakarta adalah Ridwan Kamil. Ridwan punya modal sosial yang relatif lebih besar sebagai salah satu gubernur yang populer di tingkat nasional maupun Jawa Barat.

"Di antara tiga nama tersebut, Ridwan Kamil punya modal sosial yang relatif lebih besar. Dia pernah jadi walikota yang sukses dan sekarang menjadi salah satu gubernur yang juga sangat populer, baik di Jawa Barat maupun secara nasional," jelas Saidiman.

Ia melihat ketiganya potensial sekali untuk diusung karena punya sokongan partai politik. Siapa yang akan menang, akan terlihat ketika debat Pilgub. Pengalaman sebelumnya, debat antar calon gubernur menjadi faktor penentu.

"Di situ, publik DKI melihat dengan lebih cermat mana kandidat yang benar-benar bisa menawarkan solusi atas persoalan di DKI dan sudah terbukti bekerja di wilayahnya," ujar Saidiman.

Sebelumnya, Ridwan Kamil disiapkan oleh Golkar untuk maju di Pilgub 2024. Golkar yang baru merekrut Ridwan, menyiapkannya bertarung di Pilgub DKI atau Jawa Barat.

Sementara, Gibran telah terang-terangan menyatakan siap maju di Pilgub. Meski, ia belum menyebut akan maju di DKI atau daerah lain. Putra Jokowi itu masih menunggu penugasan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Gibran pun sudah dilirik PKB yang membuka peluang mengusungnya.

Emil Dardak ternyata juga masuk bursa Pilgub DKI Jakarta. Partai Demokrat siap mengusung wakil gubernur Jawa Timur itu.


[lia/merdeka]